in

Tim Dayung Podsi Padang Jawara Festival Dragon Boat, Sambar Hadiah Rp35 Juta

PADEK.CO–Tim dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kota Padang meraih juara 1 pada Festival Dragon Boat. Perlombaan diselenggarakan di Embung Peridon Siap Maju, Jorong Aek Nabirong, Kabupaten Pasaman Barat, Senin-Selasa, 25-26 September 2023.

Brigjen TNI Rayen Obersyl dalam sambutannya menjelaskan festival dragon boat yang dilaksanakan, selain olahraga, juga bertujuan untuk memajukan pariwisata dan mengoptimalkan potensi wilayah yang dapat memberikan manfaat ekonomi.

Danrem 032 ucapkan terima kasih kepada semua atlet dayung yang sudah ikut bertanding di Peridon Dragon Boat. Terkait hasil itu sudah lumrah, ada yang menang dan ada yang kalah, tapi tetap semangat, jaga kekompakan, semoga menjadi atlet nasional hingga internasional.

“Selain kepada atlet, kita juga sangat berterima kasih kepada owner Peridon Siap Maju. Semoga, Bapak Najjar Lubis dipenuhi berkah dan rezeki yang melimpah, aamiin,” ujar kata Rayen Obersyl.

Ketua Panitia Festival Peridon Dragon Boat, Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf. Putra Negara mengatakan, lomba ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 78 Tahun 2023 yang diikuti oleh 38 tim dayung.

38 tim terdiri dari TNI Angkatan Darat 24 tim, TNI Angkatan Laut 2 tim, TNI Angkatan Udara 2 tim, Polri 2 tim dan Podsi Kabupaten se-Sumatera Barat 8 tim.

“Total hadiah untuk Festival Peridon Dragon Boat ini sebesar Rp100.000.000,” ujarnya.

Menurut Dandim, tim Podsi Kota Padang berhasil menjadi yang tercepat pada Festival Peridon Dragon Boat. Dan sebagai juara 2 diraih oleh tim dayung dari Lantamal II/Padang serta juara 3 diraih oleh tim dayung Podsi Kabupaten Agam dan juara ke 4 diraih oleh tim dayung Podsi Kabupaten Sijunjung.

“Hadiah untuk juara 1 sebesar Rp 35 juta, juara 2 sebesar Rp25 juta dan juara 3 sebesar Rp 20 juta serta juara 4 sebesar Rp10 juta. Dari semua juara juga diberikan berupa Piala, Piagam dan Medali,” terang Dandim.

Bupati Pasaman Barat yang diwakili Staf ahli, Jhon Edwar mengatakan lomba ini diharapkan bisa menarik minat wisatawan ke obyek wisata Peridon Siap Maju, Pasbar.

“Ini acara yang luar biasa dan sangat diapresiasi, apalagi ini ivent perdana di Kabupaten Pasaman Barat ini. Kegiatan ini sangat berefek kepada perekonomian, khususnya bagi ekonomi kreatif dan UMKM,” ujarnya.

Kegiatan ini harus dilestarikan kata Jhon Edwar. Apalagi Sumatera Barat dikenal sebagai daerah pariwisata begitu juga dengan Pasaman Baart.

“Event ini bisa diteruskan. Jadi jangan tergantung pemerintah saja, mari berkarya demi kabupaten yang kita cintai ini. Saya terus terang, masih banyak yang akan saya buat seperti Lapangan Tembak yang berstandar nasional, lapangan motor cross bertarap internasional serta masih banyak lagi,” ujarnya setelah acara festival lomba perahu naga ini, Selasa, 27 September 2023.

Menurut Jhon Edwar, kegiatan ini bisa menjadikan Pasbar sebagai tujuan wisata olahraga. “Kita harus membangkitkannya, tidak hanya dari sisi olahraga, tapi juga pariwisata,” ungkapnya.

Owner Peridon Siap Maju, Najjar Lubis menyampaikan bahwa terima kasih kepada Bapak Danrem beserta jajaran, pemerintah kabupaten Pasaman Barat atas terlaksananya kegiatan ini dengan baik. Semoga, kegiatan ini menjadi pemacu bagi kami dalam memajukan dunia olah raga dan pariwisata.

“Kita akan terus memberikan yang terbaik terhadap daerah, demi kemajuan kita bersama,” pungkasnya. (roy)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Difasilitasi Andre Rosiade, Jorong Terisolir di Tanahdatar Kini Dialiri Listrik

Gubernur Mahyeldi Bertemu Wapres, Bahas Peningkatan Layanan RSAM dan RS Pendidikan