in

Tim PKM UNP Berikan Workshop pada 38 Guru Biologi dari 25 SMA di Pessel

Tim PKM UNP dari Prodi Pendidikan Biologi Fakultas MIPA UNP memberikan pelatihan (workshop) pengembangan praktikum biologi berbasis potensi dan kearifan lokal. Pendalaman materi genetika, pengembangan asesmen keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTs), dan asesmen kinerja praktikum, pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva dan Google Sites.

Ketua Tim PKM Pendidikan Biologi UNP, Dr Fitri Arsih SSi MPd mengatakan, workshop ini merupakan kontribusi Perguruan Tinggi untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas.

Workshop Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional bagi MGMP Biologi Cabdin Wilayah VII Pesisir Selatan (Pessel) itu diikuti 38 guru Biologi dari 25 SMA itu berlangsung 19-21 Agustus 2022 di Hotel Triza Painan.

“Tim PKM Pendidikan Biologi UNP memberikan materi workshop penerapan dan inovasi model Project Based Learning (PjBL) dan Problem-based learning (PBL) pembelajaran biologi,” ujar Dr Fitri Asih, Minggu (21/8/2022).

Anggota Tim PKM Pendidikan Biologi UNP Dr Muhyiatul Fadilah SSi MPd menambahkan, PKM Pendidikan Biologi UNP juga menjabarkan cara membuat penelitian dan melakukan publikasi ilmiah, dan pembimbingan pembuatan RPP & LKPD, dan PjBL & PBL.

“Workshop yang kita berikan ini membimbing guru mata pelajaran biologi untuk menyusun Rencana Pembelajaran (RPP) dan Lembar kerja peserta didik (LKPD) sebagai output kegiatan. Sebelumnya, guru dibimbing untuk mengidentifikasi masalah, dan mendiskusikan solusinya. Di sisi lain, kita membuka kesempatan bimbingan penelitian kelas dan penulisan artikel untuk dipublikasikan di jurnal nasional,” tambah Dr Muhyiatul.

Kacabdin VII Pesisir Selatan, Nurlena Elida SH, mengapresiasi program PKM Prodi Pendidikan Biologi UNP ini. Workshop yang diberikan, menambah wawasan dan pengetahuan bagi MGMP Biologi Cabdin Wilayah VII Pessel.

“Kami sangat senang Departemen Biologi FMIPA UNP membuat program ini. Ke depan kita berharap, UNP mengagendakan program lanjutan yang tentunya akan menambah lagi kompetensi guru SMA di Kabupaten Pessel,” ucap Nurlela.

Ketua MGMP Biologi Kabupaten Pessel Salfinasari SPd MSi menambahkan, program PKM yang dibuat Departemen Biologi FMIPA UNP sangat berguna sekali bagi MGMP Biologi Cabdin Wilayah VII Pessel. Apalagi, tim PKM Departemen Biologi FMIPA UNP membantu dalam menyusun penelitian dan publikasi ilmiah dan pembimbingan pembuatan RPP & LKPD, PjBL dan PBL.

“Publikasi ilmiah berbasis penelitian sangatlah penting bagi seorang guru saat ini. Hal ini sebagai bentuk kontribusi guru terhadap peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah dan pengembangan dunia pendidikan secara umum,” tutupnya.

Tim Pelaksana PKM Pendidikan Biologi UNP lainnya adalah, Dr Heffi Alberida MSi, dan Dr Aisah MPd. Juga ada narasumber lain sesuai kepakarannya. Program PKM ini didanai oleh PNBP UNP di bawah koordinasi dan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNP. (edg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Prabowo Raih 4 Bintang Kehormatan Utama, Andre: Pantas jadi Presiden

Masyarakat Juana Tumpah Ruah, Meriahkan Kontingen Kirab Budaya