in

Tips Charging Smartphone Agar Umur Smartphone Awet

Android sekarang sudah menjadi sistem operasi smartphone yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Saat ini banyak juga smartphone android yang sudah dilengkapi dengan daya baterai yang cukup besar, sehingga kita bisa menggunakan smartphone Android tersebut tanpa takut baterai cepat habis.

Namun ada beberapa penyebab yang mengakibatkan daya baterai smartphone android kita menjadi cepat habis, salah satunya adalah kita salah dalam melakukan charging. Untuk itu anda harus tahu bagaimana cara melakukan charging smartphone android dengan benar dan tepat, berikut ulasanya.

Memakai Charger Asli Bawaan Smartphone

Hal yang dianggap sepele tetapi bisa beresiko merusak smartphone android adalah mengisi daya baterai android tanpa menggunakan charger asli bawaan smartphone. Banyak pengguna android yang beranggapan jika semua charger android itu sama saja, padahal jelas-jelas berbeda. Setiap charger android memiliki arus daya yang berbeda, amper yang berbeda. Contoh sederhananya adalah jika charger original dari smartphone anda membutuhkan daya 15 Watt, sementara anda memakai charger lain yang hanya punya 10 Watt. Tentunya itu bisa merusak baterai dan membuat baterai smartphone menjadi cepat jebol. Untuk itu selalu gunakanlah Charger Orignal smartphone anda. 
Mematikan Fitur Yang Tidak Dibutuhkan

Dalam smartphone android terdapat fitur-fitur yang sangat banyak. Sebaiknya anda mematikan fitur-fitur tersebut saat anda melakukan pengisian daya baterai pada smartphone android anda. Dengan begitu bisa mempercepat proses pengisian daya baterai. Fitur-fitur yang bisa anda matikan diantaranya adalah fitur Data seluler, Bluetooth dan juga Wi-Fi.

Jangan Main Ponsel Saat Sedang Melakukan Pengisian Daya

Kebanyakan dari kita sudah tidak bisa lepas dari Smartphone, bahkan saat daya baterai sudah habis pun kita tetap saja memainkan smartphone android sambil mengisi daya baterai. Tentu saja ini bisa membuat proses pengisian daya baterai menjadi lebih lama, karena layar selalu aktif saat anda gunakan untuk bermain. Jangan tergoda untuk bermain smartphone, lebih baik gunakan saat baterai sudah penuh.

Baca Juga: Kumpulan Tips Dan Trik Android Marshmallow

Charging Saat Baterai Benar-benar Habis

Terkadang kita melakukan pengisian daya baterai padahal daya baterai masih cukup banyak. Inilah yang membuat baterai smartphone menjadi cepat rusak. Sebaiknya anda Charging Saat Baterai Benar-benar Habis, misalnya saat daya baterai masih tersisa 20% atau 15%.

Melakukan Pengisian Daya Sambil Mematikan Smartphone

Dengan Melakukan Pengisian Daya Sambil Mematikan Smartphone, daya baterai akan terisi dengan optimal. Selain itu kita tidak akan tergoda untuk memainkan smartphone saat daya baterai sedang diisi. Selain itu keuntungan jika kita melakukan pengisian daya baterai sambil mematikan smartphone adalah, proses pengisian daya baterai akan lebih cepat dan juga lebih optimal karena smartphone tidak bekerja atau digunakan oleh pengguna atau pemilik.

What do you think?

Written by virgo

Arcandra Tahar Diangkat Jadi Wakil Komisaris Pertamina

Bukit Lamreh akan Didaftarkan sebagai Kawasan Cagar Budaya