in

Tips dan Trik Berjualan Pulsa Biar Nggak Gulung Tikar

Beberapa tahun lalu, memiliki sebuah counter pulsa adalah sebuah bisnis yang menjanjikan. Namun seiring dengan waktu, bisnis inipun mendapatkan banyak tantangan. Kalau kamu tidak pandai-pandai menjaganya, bisa jadi bisnis jual beli pulsamu bakal gulung tikar seperti yang banyak terjadi pada banyak counter di negeri ini.
Agar bisnismu tetap lancar, coba ikuti beberapa tips berikut ini. Terutama buat kamu yang baru saja terjun ke dunia bisnis jual beli pulsa. Simak yuk…

Pilih Server Terpercaya
Saat ini semua orang bisa membeli pulsa dengan mudah dan cepat dari banyak pilihan tempat. Bisa dari ATM atau internet banking, bisa juga dari Traveloka karena di situs tersebut jual pulsa online yang terbaik dimana pulsa yang didapat mudah dan murah.
Karena itu, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih server yang paling terpercaya. Tidak hanya memberikan harga murah, server itu juga harus cepat. Karena pelanggan masa kini sudah tidak mau menunggu lama sebelum pulsa masuk ke ponsel mereka.
Tidak ada salahnya melakukan survey ke beberapa server untuk mendapatkan harga dan pelayanan terbaik. Jangan ragu pindah server ketika yang kamu pilih ternyata bermasalah.

Tidak Ada Kasbon
Disadari atau tidak, sistem kasbon adalah masalah yang menggerogoti bisnis kamu secara cepat. Ingat, keuntungan penjualan pulsa tidak sebanyak kamu berjualan makanan atau bisnis lain. Jadi kamu harus cermat mengatur perputaran uang agar hasilnya nyata.
Jangan pernah sepelekan kasbon dalam bertransaksi meski jumlahnya hanya Rp 5000 sekalipun. Tegaskan kepada pembeli, sekalipun itu sahabat dekat, bahwa ada uang ada barang. Dengan begitu, bisnis kamu akan tetap berjalan dan perputaran uang jadi sehat.

Tidak Harus Menyewa Tempat
Berjualan pulsa di masa kini tidak harus memiliki tempat khusus untuk counter. Jika bisnis jual beli pulsamu belum terlalu besar dan ukurannya belum sampai tahap retail, tidak menggunakan tempat tidak masalah. Gunakan ponsel dan manfaatkan media sosial untuk promo jual beli pulsamu.

Jeli Mencari Celah
Kebiasaan pengguna telepon seluler berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. Di masa kini, orang tidak hanya membeli pulsa untuk menelepon dan SMS, tapi lebih banyak yang pengguna smartphone yang mencari pulsa data internet. Hal ini bisa jadi akan berubah pula di masa mendatang.
Jelilah melihat peluang dan selalu fleksibel untuk mengimbangi trend yang sedang terjadi di pasar. Sediakan yang diminta oleh pembeli, dan beranilah bersaing dengan cara yang sehat.

Rasional Menetapkan Harga
Pembeli memang pasti mencari yang termurah. Tapi bukan berarti kamu harus bunuh diri dengan memasang harga yang tidak masuk akal hanya demi menarik pembeli. Perhitungkan bahwa kamu juga memerlukan ongkos operasional, baik itu berupa pulsa maupun bahan bakar kendaraan. Tetapkan harga dengan sewajarnya, dan tidak masalah kalau kamu membandingkan harga dengan penjual pulsa online seperti Traveloka untuk menetapkan harga yang pantas.

Disiplin Catat Keuangan
Semua bisnis akan berantakan jika tidak ada catatan keuangan yang disiplin. Terlebih untuk jual beli pulsa, yang nilai keuntungannya tidak seberapa dan harus dihitung dengan seksama.
Catatlah semua pemasukan dan pengeluaran kamu secara disiplin dan terperinci. Tidak perlu sangat detail, yang penting terlihat kapan transaksi berlangsung dan jumlahnya.
Dengan pencatatan yang baik, bisnismu pun pasti akan berjalan dengan baik. Pastinya, kata gulung tikar tidak akan muncul dalam bisnis jual beli pulsamu.
Semoga tips dan triknya bermanfaat…

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Membawa Melon di Tas

Tak Ada Perayaan Tahun Baru 2018 di Pendopo Gubernur Aceh