in

TNI AL DAN BI DISTRIBUSIKAN UANG RUPIAH KE PULAU TERPENCIL PERBATASAN NKRI

tanjungpinangpos. Asisten Operasi Kasal diwakili Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R.Eko Suyatno,S.E,M.M. melakukan Pelepasan kerjasama antara TNI AL dan Bank Indonesia Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan Wilayah Propinsi Kepri acara berlangsung di Dermaga Batu Ampar Batam, (Selasa 8/8 2017).

Dalam amanatnya Asisten Operasi Kasal yang dibacakan Danlantamal IV mengatakan Kerjasama antara TNI Angkatan Laut dan Bank Indonesia dalam distribusi uang rupiah ke wilayah perbatasan dan pulau-pulau terpencil telah berjalan selama kurun waktu lima tahun sehingga telah banyak hasil yang kita Raih bersama. Diantaranya dalam memberi perhatian terhadap masyarakat di wilayah terluar serta terdepan dan pulau-pulau kecil yang terpencil di tahun 2017 ini dan sudah 17 pulau dilaksanakan layanan Kas Keliling diwilayah NKRI diantaranya di Kepulauan Provinsi Jawa Timur Kalimantan Utara dan Sumatera Utara.

Penguatan kerja sama yang dimaksud ini sudah dituangkan dalam Nota Kesepahaman (NK) antara Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut dalam rangka pemanfaatan sumber daya yang dimiliki Bank Indonesia dan TNI AL dalam mendukung pelaksanaan tugas yang ditandantangani langsung oleh Deputi Gubernur BI Sugeng dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. Dijelaskan pula bahwa Kerjasama ini merupakan kelanjutan dari program yang telah dilaksanakan sebelumnya, pendistribusian dan pengamanan uang rupiah kewilayah perbatasan dan terpencil telah melalui tahapan perencanaan yang sangat matang serta koordinasi yang satu tujuan sehingga mencapai hasil yang optimal.

Menurut Deputi Gubernur BI, Sugeng kerja sama antara Bank Indonesia dengan TNI Angkatan Laut telah dimulai sejak 2011 Hingga saat ini telah dilakukan secara bersama total 23 kegiatan pendistribusian uang Rupiah ke daerah terluar dan terpencil di wilayah NKRI. Pada bagian lain TNI AL berharap program ini dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama yang sangat erat dan saling mendukung satu sama lainnya namun demikian untuk lebih meningkatkan kualitas output yang optimal baik dalam pelaksanaan operasi maupun bentuk kerja sama masukan dan saran maupun temuan-temuan serta hasil evaluasi yang bersifat membangun perlu untuk direalisasikan bersama.

Turut hadir dalam acara Pelepasan Ekspedisi Layanan Kas Kepulauan Wilayah Provinsi Kepulauan Riau kerjasama antara TNI AL Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah Kepri tersebut antara lain Deputi Direktur Kepala Bank Indonesia Hestu Wibowo serta Gubernur Kepri Dr.Nurdin Basirun dan juga Danguskamlabar Laksma TNI Bambang Irwanto maupun para tamu undangan. Selain pelaksanaan pendistribusian uang rupiah sebagai tujuan utama di setiap pulau yang dikunjungi diselenggarakan pula berbagai kegiatan tambahan. Aktivitas lain tersebut meliputi edukasi mengenai peran dan tugas Bank Indonesia sosialiasi ciri keaslian uang Rupiah dan sistem pembayaran non tunai penelitian atau survey terkait tingkat penurunan uang Rupiah program pemberdayaan ekonomi masyarakat dan juga Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Save

What do you think?

Written by virgo

Gadis Diperkosa di Semak-semak Hutan Mata Kucing

Sekda Pemkot Dumai Batal Pergi Ke Luar Negeri, Karena Dicegah KPK