in

Tol Bangkinang-Koto Kampar Sudah Dibuka, Kapan Lanjut ke Pangkalan Sumbar?

PADEK.JAWAPOS.COM-Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) ruas Pekanbaru-XIII Koto Kampar telah dibuka sejak Minggu (24/12/2023). Para pengendara tetap dikenakan biaya jika masuk dari gerbang Sungai Pinang. Namun, jika masuk dari gerbang Bangkinang, tidak dikenakan biaya atau gratis.

Jalan tol Bangkinang-Koto Kampar dibuka mulai 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada momen libur Natal dan tahun baru.

Tarif Tol Pekanbaru-Bangkinang untuk Golongan I sebesar Rp33.500, Golongan II Rp 50.500, Golongan III Rp 50.500, serta Golongan IV Rp67.000 dan Golongan V Rp67.000. Besaran tarif tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR Nomor 1293/KPTS/M/2022.

Berdasarkan peninjauan yang dilakukan Gubernur Riau Edy Natar Nasution, dari total panjang jalan 25 kilometer (km), masih ada sekitar 4 km lagi yang masih dalam tahap pengerjaan.

Untuk itu, masyarakat yang akan melintas diimbau untuk berhati-hati. “Meskipun sudah bisa dilalui, namun masih ada yang dalam tahap pengerjaan sekitar 4 km. Jadi masyarakat harus berhati-hati,” imbaunya.

Sementara itu, terkait soal ruas lanjutannya yakni hingga ke Pangkalan, Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk sementara ini belum dilanjutkan. Pasalnya masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan. “Kalau untuk jalan tol hingga ke Pangkalan informasinya masih ditangguhkan,” sebutnya.

Sebagaimana diketahui, ruas tol Bangkinang-Koto Kampar merupakan bagian dari jalan  tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang-Pangkalan Tahap I.

Project Director PT Hutama Karya ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Bambang Hendarto mengatakan hingga saat ini progres pembangunan jalan tol tersebut sudah mencapai 94 persen. Pihaknya menargetkan, pada Januari 2024 mendatang pekerjaan jalan tol sudah selesai.

“Kalau untuk saat ini progres konstruksinya sudah 94 persen. Namun untuk mendukung arus lalu lintas akan kami buka secara operasional mulai 23 Desember hingga 2 Januari. Pembukaan jalan tol ini khusus untuk siang hari saja,” sebutnya.

Disebutkan Bambang, jika menggunakan jalan tol tersebut, maka akan memangkas jarak hingga 10 km dibandingkan menggunakan jalan nasional. Selain dari sisi jarak, tentunya waktu tempuh juga akan semakin cepat.

“Jarak tempuh yang bisa dipangkas jika menggunakan jalan tol sekitar 10 km. Kalau untuk perbedaan waktu tempuh pastinya juga akan lebih cepat karena jika menggunakan jalan nasional banyak jalan berliku yang dilalui,” ujarnya.(rpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Partisipasi Perempuan Dalam Menghadapi Pileg 2024

Peringatan Dini Cuaca Wilayah Sumbar: Limapuluh Kota Waspada Banjir dan Longsor