in

Tuan Guru Bajang: Generasi Aceh Harus Jadi Sebaik-baik Penerus

Gubernur NTB Tengku Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang(Foto: Repubilka.co.id)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Tuan Guru Bajang (TGB) DR. M. Zainul Majdi MA menyampaikan, Aceh merupakan tanah pahlawan karena itu generasi Aceh harus menjadi penerus sebaik-baik penerus.

“Aceh ini tanah pahlawan, jadi anak-anak Aceh harus menjadi sebaik baik penerus,” kata pria yang juga Gubernur Nusa Tenggara Barat saat memberikan kuliah umum di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Jumat, (2/3/2018).

Menurut Guru Bajang, jejak kepahlawanan itu sudah sejak lama tertanam di Aceh.

Dia menceritakan pengalamannya saat melihat foto-foto pahlawan nasional pertama sekali saat masih sekolah dasar dan menengah yang ditempel di dinding sekolah, diantara pahlawan lainnya termasuk dari Aceh yaitu Cut Nyak Dhien dan Teuku Umar.

Tanah Aceh menurutnya merupakan salah satu daerah di nusantara yang paling sedikit dijajah, hal itu karena perjuangan para pahlawan yang membuat tanah Aceh ini paling sulit ditaklukkan oleh penjajah.

Sementara di tempat lain, tambahnya, bisa sampai beratus-ratus tahun dijajah Belanda.

“Mereka telah membangun ini dengan keislaman dan membuat tanah Aceh ini paling sulit untuk dijajah maka penerus Aceh ini harus teruskan perjuanganyang telah dilakukan para pahlawan Aceh terdahulu,” kata Zainuddin Majdi di hadapan ribuan mahasiswa UIN Ar-Raniry.

Selain itu, katanya, ada juga putra-putri anak bangsa yang ditetapkan oleh pemerintah menjadi pahlawan nasional salah satu diantaranya adalah Laksamana Keumalahayati dari Aceh.

“Maka pesan saya kepada Anda adalah, jadilah sebaik-baik penerus, menjadi penerus Cut Nyak Dhin dan penerus Teuku Umar, Laksamana Malahayati,” tuturnya. []

Komentar

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jonru Divonis 1,5 Tahun Penjara

Salat Jumat di Masjid Kebanggaan Istiqlal yang Ngangeni