in

Unand Terima Mahasiswa Baru Jalur SIMA, Kuota 2.386, Ada Kelas Internasional

Universitas Andalas (Unand) Padang membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur seleksi mandiri (SIMA) 2023 pada 15 Juni.

Kuota yang tersedia pada SIMA 2023 ini sebanyak 2.386 orang, yang dibagi pada jalur SIMA Akademik nilai UTBK sebanyak 770 orang, SIMA Akademik ujian tertulis sebanyak 1.154 orang, SIMA Prestasi, Kerja Sama dan Disabilitas 428 orang serta SIMA Kelas Internasional 40 orang.

“Tahun ini kami menyediakan daya tampung sebesar 42 persen penerimaan mahasiswa baru jalur SIMA,” ujar Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof Mansyurdin saat jumpa pers Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SIMA 2023, di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Kampus Limau Manis, Padang, Kamis (8/6/2023).

Secara keseluruhan, Mansyurdin mengungkapkan Unand menerima 7.350 orang mahasiswa melalui tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan SIMA.

“Kuota ini juga akan bertambah setelah ditambahkan Program Studi (Prodi) Sarjana Arsitektur Fakultas Teknik dan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB),” kata Mansyur didampingi Direktur Pembelajaran dan Pendidikan Universitas Andalas dr. Nur Afrainin Syah, Ph. D dan Kepala Humas, Protokoler dan Layanan Informasi Dr. Ernita Arif, M. Si.

Untuk Ekonomi Islam, menurutnya sudah disetujui Senat Akademik Universitas (SAU).  Berkas telah dikirim untuk memenuhi standar akreditasi dan jelang 20 Juni 2023 akan keluar akreditasi minimumnya.

Mansyur juga menyampaikan tahun ini ada jalur baru, yakni SIMA Kelas Internasional. “SIMA kelas internasional ini diisi oleh mahasiswa warga negara Indonesia (WNI), namun belajarnya juga ada ke luar negeri dengan perguruan tinggi yang sudah menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas,” terangnya.

Pengalaman belajar mahasiswa di perguruan tinggi luar negeri dapat ditempuh melalui program pengumpulan kredit (credit earning) paling sedikit 2 (dua semester); dan/atau program gelar bersama (join degree) atau program gelar ganda reguler (double degree atau dual degree).

“Transportasi keberangkatan dan kepulangan serta biaya hidup dapat ditanggung oleh Universitas Andalas jika beban belajar yang dilaksanakan di perguruan tinggi luar negeri minimal 20 SKS per semester,” jelas Guru Besar FMIPA ini.

Saat ini baru tiga prodi yang menyelenggarakan SIMA Kelas Internasional, yakni Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Keuntungan bagi mahasiswa yang masuk kelas internasional adalah mereka memiliki kesempatan lebih banyak untuk bekerja dan mengembangkan dirinya di luar negeri.

“PTN-BH yang sudah mapan seperti UI, UGM, ITB dan lainnya sudah lama membuka kelas internasional ini,” imbuhnya.(rel/esg)

Jalur Seleksi Mandiri Universitas Andalas 2023, sebagai berikut:

1) SIMA Akademik, yaitu penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki kemampuan akademik baik

2) SIMA Prestasi, yaitu penjaringan terhadap calon peserta melalui penelusuran prestasi dalam bidang bakat, minat atau penalaran dengan tetap memperhatikan kemampuan akademik untuk menjalani pendidikan pada program studi terkait.

3) SIMA Kerja Sama, yaitu penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki kemampuan akademik tinggi berlatar belakang ekonomi kurang mampu, atau berasal dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), yang pembiayaannya disponsori oleh pemerintah kabupaten/kota atau instansi nonpemerintah.

4) SIMA Penyandang Disabilitas, yaitu penjaringan terhadap calon peserta yang memiliki keterbatasan fisik, kelainan, kerusakan pada fungsi gerak yang diakibatkan oleh kecelakaan atau pembawaan sejak lahir dengan kemampuan akademik baik.

5) SIMA Internasional, yaitu penjaringan terhadap calon peserta yang berkewarganegaraan selain Warga Negara Indonesia melalui jalur kerja sama dengan kedutaan negara asing atau mendaftar secara mandiri.

6) SIMA Kelas Internasional, yaitu untuk merekrut calon mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik dan Bahasa Inggris yang baik untuk dapat menyelesaikan Pendidikan di UNAND dan memperoleh pengalaman belajar di Perguruan Tinggi Mitra di Luar Negeri.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Prof Elfindri Apresiasi Kebijakan Pemko Bukittinggi. Ini Alasannya…

Talenta Terbaik PLN Sumbar Jawara Open World Championship Pickleball