in

Ungkapan Ustad Somad pada Wako Genius Umar usai Tabligh Akbar di Pariaman

Ustad Abdul Somad selfie bersama Wali Kota Genius Umar dan wartawan saat menghadiri Tabligh Akbar di Pariaman.

“Kekuasaan diberikan rakyat kepada sosok yang tepat, maka dia menjadi rahmat. Tapi jika diberikan ke orang tidak tepat, maka kekuasaan itu berubah menjadi laknat.”

Itulah ungkapan ulama kondang Indonesia Ustad Abdul Somad saat diwawancarai wartawan usai memberikan Tabligh Akbar peringatan Hari Jadi ke-20 Kota Pariaman, Minggu (3/7/2022).

Ustad Somad tidak asal menyenangkan Wali Kota Pariaman Genius Umar yang punya hajatan HUT. Namun berangkat dari fakta program yang telah diimplementasikan Genius sebagai pemimpin rakyat di kota pinggir laut itu.

“Pariaman itu prototype kecil Minangkabau. Kalau mau tahu apa betul Minangkabau itu, maka datang dan berbaurlah dengan masyarakat di kota ini,” ujar Abdul Somad.

Meski Pariaman kuat dengan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah, tapi wali kota tidak menjadikan kotanya ekslusif.

“Justru Pariaman terbuka kepada siapa saja orang yang ingin menikmati indahnya kota ini. View laut dengan pantai yang bersih serta kuliner khas Pariaman yang sedap semua. Dan, Pak Genius Umar tegas bahwa wisata di Pariaman adalah wisata halal,” ujarnya.

Ustad Abdul Somad bersama Wako Pariaman Genius Umar.

Wali Kota Genius Umar dinilai memang pemimpin yang mendatangkan rahmat kepada rakyat dan daerah yang dipimpinnya.

“Sekolah gratis dari SD sampai SMA, bahkan untuk SMA meski tidak kewenangan wali kota dan bupati sebetulnya, namun Pak Genius Umar bisa menembusnya dengan menyiapkan APBD untuk disetor ke provinsi yang memiliki kewenangan SMA/SMK,” ujar Ust Somad.

Kemudian, program satu rumah tangga satu sarjana. Menurut Ustad Somad, Genius Umar telah menjalan sunah Rasulullah, bahwa untuk memberantas kemiskinan dan kekufuran adalah lewat pendidikan.

Selain pendidikan umum, Genius Umar juga memperhatikan kelangsungan pendidikan agama anak-anak Pariaman sebagai generasi penerus Islam.

“Mendidik dan menyekolahkan guru MDA, memberikan insentif kepada guru MDA, itu dilakukan Pak Genius Umar untuk memperkuat jiwa religius generasi penerus di Pariaman,” jelasnya.

Pada momentum HUT ini, Genius juga melakukan wisuda 1.000 tahfiz yang merupakan salah satu program unggulan Kota Pariaman.

Genius Umar yang berdiri di samping Ustad Somad tidak jemawa dipuji. Dia mengaku apresiasi tersebut menjadi cambuk untuk Pariaman lebih baik lagi ke depan.

Tabligh Akbar Ustad Abdul Somad di Pariaman.

“Semua capaian positif kota yang diapresiasi oleh Ustad Somad tadi, tidak lepas dari kolaborasi pemerintah kota dengan forkompimda dan seluruh masyarakat di Kota Pariaman ini. Dan apa disampaikan Ustad Somad tadi, bagi kami selaku pimpinan adalah cambuk untuk Pariaman lebih baik. lagi setelah usia 20 tahun ini,” ujar Genius Umar.(nia)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Coach Ria Safitri dari Sumbar Diboyong Team Arcelona Ikut Vacation Bandung

Peduli Program Bangga Kencana, Wako Fadly Terima Manggala Karya Kencana