in

UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak, Menggelegar Lewat Ekspresi Sagu IV

BIKIN BANGGA : Para siswa berprestasi
UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak foto bersama dengan guru mereka.(IST)

Banyak cara yang dilakukan sekolah untuk mengeksplorasi bakat dan prestasi siswa. Seperti kegiatan Ekspresi Sagu IV yang dilaksanakan oleh OSIS UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak.

Kegiatan rutin ini, di samping juga sebagai ajang lomba untuk siswa sekolah dasar, juga mempromosikan sekolah pada masyarakat. Dalam kegiatan ini ada lima cabang perlombaan yang diadakan yaitu bidang Sains (IPA, MTK, IPS), Tahfidz, MSQ, Rangking Satu dan Solo Song.

Kegiatan ini dilaksanakan dua hari dari tanggal 1sampai dengan 2 Maret 2023. Hari pertama kegiatan lomba yang diadakan adalah lomba di bidang Sains ( IPA, MTK dan IPS), dan dihari kedua kegiatan lomba Tafidz, MSQ, Rangking Satu dan Solo Song.

Adrianopel, M.Pd sebagai kepala sekolah dalam sambutannya mengatakan bahwasanya kegiatan Ekspresi Sagu IV yang merupakan kependekan dari Eksplorasi dan Kreasi SMP 1 Guguak. Kegiatan ini diikuti sekolah dasar dari Kecamatan Guguak, Mungka dan Suliki, serta kecamatan terdekat lainnya.

Dari kompetisi ini dapat terjaring siswa yang berprestasi dan berbakat. Di samping kegiatan lomba juga di ramaikan oleh kegiatan market day yang diadakan pada hari pertama kegitan tanggal 1 Maret 2023.

Kegiatan market Day ini dilakukan untuk melatih siswa memproduksi sendiri aneka masakan dan minuman tradisional dan mengembangkan jiwa kewirausahaan. Dari kegiatan market day siswa juga bisa belajar bagaimana cara memasarkan masakan dan minuman yang sudah mereka buat sendiri.

Hal ini bisa dilakukan siswa, tentu tidak terlepas dari bimbingan bapak dan ibu guru. Di harapkan, dengan kegiatan rutin tahunan ini, mampu menjaring siswa lebih banyak untuk bergabung di UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak.

Kondisinya saat ini, Rombel yang ada sekarang terdiri dari 9 rombel untuk kelas VII, 6 Rombel kelas VIII dan 6 Rombel untuk kelas IX. Sekolah juga sudah memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kegiatan belajar siswa.

Fasilitas yang tersedia ada Labor IPA, pustaka, ruang kesenian, ruang prakarya, ruang BK, UKS, ruang majelis guru, ruang TU, ruang kepala sekolah, ruang wakil, aula dan mushala. Di samping itu tenaga pengajar atau guru di UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak pada umumnya sudah memiliki sertifikat pendidik.

Dengan sarana dan prasarana tersedia siswa–siswi di UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak bisa lebih berkreasi dan berekspresi. UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak merupakan sekolah penggerak angkatan kedua, di Limapuluh Kota yang sudah menerapkan kurikulum merdeka dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Menghargai keunikan masing-masing siswa dan mengembangkan bakat dan minatnya sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Untuk itu sekolah memfasilitasi dengan Ekstrakurikuler yang bervariasi. Siswa tinggal memilih ekstrakurikuler yang diikutinya sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Untuk mengembangkan bakat dan minat siswanya sekolah telah melaksanakan berbagai cabang kegiatan ekstrakurikuler di antaranya, cabang sains (Matematika, IPA dan IPS), cabang kesenian (drumbend, paduan suara, Tari, lagu solo), cabang olah raga (bola kaki, voli, basket, futsal), cabang keagamaan (Tahfiz, forum Annisa), Pramuka, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia (Mading, menulis cerpen), Taekwondo dan PIK R. Peserta didik sangat antusias melakukan kegiatan tersebut.

Dengan berbagai prestasi dan kegiatan tersebut diharapkan kepada masyarakat tetap menjadikan UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak sebagai sekolah pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Ekspresi Sagu ini di menampilkan aksi nyata dari program ekstrakurikuler yang sudah terlaksana.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari komite dan wali murid yang bersedia membantu dari segi biaya dan pendanaan. Muda-mudahan kerja sama antara pihak sekolah dengan komite dan wali murid tetap berjalan dengan baik sehingga apapun program sekolah bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Hasil dari Ekspresi Sagu IV ini terjaring murid-murid Sekolah Dasar berprestasi. Dalam Lomba bidang studi IPA Juara 1 atas nama Vazila Ridhatin Nafsih dari SDN 01 VII Koto Talago. Juara 2 Salsabilla Ramadhani. A dari SDN 05 VII Koto Talago, juara 3 Galang Perdana dari SDN 01 Suliki.

Dalam Bidang Matematika juara 1 Khairunnisa dari SDN 04 Sungaitalang. Juara 2 Anayla Hulesa Afrilian dari SDN 04 Sungaitalang dan juara 3 Ardi Febrian dari SDN 02 Sungaitalang. Bidang IPS juara 1 Alicia Queenara dari SDN 01 Suliki, juara 2 Asbi Al Ban Putra dari SDN 01 Suliki dan juara 3 Ghyo Fero Karenza dari SDN 05 VII Kototalago.

Lomba Tahfiz juara 1 Naufal Khadaffa dari SDN 05 VII Koto Talogo, juara 2 Asyifa Tussauqhi dari SDN 017 VII Koto Talgo dan juara 3 Syadza Muthmainnah dari SDN 05 VII Koto Talago.
Sedangkan untuk Lomba Solo Song, juara 1 Shafa Khairiyyah dari SDN 02 Limbanang, juara 2 Nadhira Iwana Ashuri dari SDN 08 Guguak dan juara 3 Rezky Mafula SDN 01 Guguak.

Harapan 1 solo song atas nama Zahira Oktafirina dari SDN 08 Guguak, harapan 2 Miftahul Zilvana dan harapan 3 Fatir Raulanda dari SDN 08 Guguak. Pada cabang lomba rangking satu pemenangnya didominasi oleh SDN Sungaitalang dengan juara 1 atas nama Arifin Ilham, juara 2 atas nama M. Ar-Radi Nur Qama, juara tiga atas nama Muhammad Gafar
Melihat perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan saat ini, maka sudah sepatutnya kita berbangga dengan prestasi prestasi yang sudah diraih oleh para generasi penerus ini.

Mudah mudahan kegiatan ini merupakan titik awal untuk bisa mengembangkan diri meraih impian yang lebih baik untuk masa depannya. Maka dari itu UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak akan berusaha menjadi yang terbaik.

Supaya bisa menjadi pelayan anak bangsa agar terwujud generasi milenial yang berakhalak mulia, berkarakter baik serta berbudaya adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. (Gusrimeizelni, S.Pd.I, GURU UPTD SMPN 1 KECAMATAN GUGUAK)

What do you think?

Written by Julliana Elora

UPTD SMPN 1 Kecamatan Luak: Stop Bullying, Wujudkan Profil Pelajar Pancasila

Andre Rosiade: Alhamdulillah, Gebrak Meja soal Meikarta Hasilnya Nyata