in

Vicon Siaga Idul Adha: PLN Pastikan Keandalan Pasokan Listrik Sumbar

Sehari jelang Idul Adha 1443 H, PLN memastikan kesiapan keandalan listrik setiap unit melalui video conference (vicon) untuk seluruh Unit Induk dan Unit Pelaksana yang tersebar di Regional Sumatera Kalimantan, Sabtu (9/7).

Dalam vicon ini, Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan (Dirregsumkal) PLN Adi Lumakso beserta jajaran, menyampaikan arahan agar setiap unit memastikan kesiapan pasokan daya serta petugas yang standby di lokasi-lokasi vital khususnya rumah ibadah tempat penyelenggarakan salat Ied Adha.

“PLN berkomitmen menyediakan pasokan listrik aman dan prima menyambut Idul Adha 1443 Hijriyah yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Untuk itu kami memaksimalkan operasional seluruh infrastruktur kelistrikan agar masyarakat dapat dengan nyaman merayakan momen Idul Adha,” tutur Adhi. Tak lupa Ia mengingatkan seluruh petugas untuk menerapkan SOP dan berhati-hati dalam bekerja demi menjaga keamanan dan keselamatan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar Toni Wahyu Wibowo, yang hadir bersama jajaran di Kantor Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Sumbar menyatakan kesiapan UIW Sumbar dalam mengawal kelistrikan saat Idul Adha besok.

“Petugas PLN terus siaga 24 jam untuk menjaga momen penting Idul Adha 1443 H. Selama masa Siaga Masa Siaga Hari Raya Idul Adha 1443 H berlangsung para periode Tanggal 8 s.d 10 Juli 2022, PLN meniadakan semua kegiatan pemeliharaan yang bersifat padam penyulang dan memaksimalkan Regu PDKB diseluruh Unit PLN UIW Sumbar. Harapan kami, masyarakat bisa beribadah dengan khusyuk dan menikmati momen berkumpul dengan keluarga dan kerabat,” ujar Toni Wahyu Wibowo.

Sementara dalam paparannya Toni menyampaikan prediksi beban puncak Hari Raya Idul Adha 1443 H di tanggal 8 Juli 2022 yaitu sebesar 687 MW dengan rata-rata cadangan operasi 46,6 MW. Lokasi prioritas VVIP selama masa siaga Hari Raya Idul Adha di PLN UIW Sumbar berjumlah 118 lokasi, terdiri dari Masjid, Kantor Pemda, Kantor TNI/Polri, Rumah Sakit dan Dinas terkait lainnya.

Saat ini PLN UIW Sumbar telah menyiagakan personil siaga PLN berjumlah 436 orang dan personil yandal berjumlah 873 orang. Selain itu PLN UIW Sumbar juga menyiapkan 35 posko PLN dan 124 posko yandal. Semua langkah tersebut dilakukan untuk memastikan suplai listrik aman.

“Selain menjaga listrik di kediaman pelanggan, kesiagaan juga berlangsung pada objek vital dan keramaian mulai dari tempat ibadah, mall dan lokasi wisata. Petugas dan peralatan siap menopang keandalan listrik selama momen Idul Adha tersebut. Inshaallah sampai dengan besok semuanya aman dan masyarakat dapat beribadah dengan nyaman,” tutup Toni.

Selain beberapa langkah di atas, PLN juga menggulirkan petugas untuk rutin melakukan inspeksi jaringan, melakukan pemeliharaan pada beberapa pembangkit dan memanfaatkan secara maksimal sistem interkoneksi. Hal tersebut merupakan wujud komitmen seluruh elemen PLN agar masyarakat dapat menikmati momen penting Idul Adha dengan tenang dan nyaman tanpa adanya padam karena gangguan listrik.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

BRI dan Pertamina Lubricants Luncurkan POWER dengan Fitur Perbankan

PAW Pengganti Almarhum Noto Subianto Dijadwalkan Akhir Juli