in

Warga Pasar Ambacang Padang Datangi TPS Pemilihan Serentak RW ala Pilkada

Warga di Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang menggelar pemilihan RW serentak. Prosesi pemilihan dibikin sedemikian rupa seperti pilkada pada Minggu (25/9/2022). Ini sekaligus edukasi kepada masyarakat tentang pemilu.

Lurah Pasar Ambacang Syamsu Irwan mengatakan kegiatan ini digelar merespons inisiatif masyarakat sekaligus persiapan menjelang pesta demokrasi 2024.

Dalam pelaksanaannya, di Kelurahan Pasar Ambacang terdapat 33 TPS dari 9 RW yang tersebar di 37 RT.

Ia menyebutkan dengan perhelatan seperti layaknya pesta demokrasi ala Pilkada ini diharapkannya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya arti demokrasi hingga tingkat RT.

“Kita mendesain sedemikian rupa menyerupai prosedur pemilihan RW ini seperti pemilu, bukan pemilihan secara musyarwarah dan terbatas. Kita beri keleluasaan kepada masyarakat untuk memilih pemimpin mereka yang sesuai denga visi dan misi yang masyarakat inginkan,” ucapnya.

Irwan mengatakan persiapan pemilihan ini  cukup panjang. Kelurahan dan  masyarakat telah merancangnya sejak awal tahun  lalu agar berjalan sukses.

“Pemilihan serentak tersebut juga digunakan untuk penertiban administrasi RW yang sudah melewati batas masa jabatan,” tambahnya.

Penyelengaraan pemilihan seperti ini juga  berlangsung transparan dan tanpa ada indikasi kecurangan. Tanpa membawa kepentingan pribadi.

Ia berharap ke depan dengan adanya  pemilihan seperti sekarang dapat menanamkan jiwa kebersamaan dan keterbukaan dalam pemilihan para petinggi di tingkat RT dan RW Pasar Ambacang.

Sementara itu ketua RT.04 Agus Nedi mengatakan di wilayahnya terdapat 6 TPS dengan jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 415 orang. Ia menyebutkan hingga pukul 10.00 WIB sudah mencapai hampir setengah jumlah pemilih yang mencoblos di TPS wilayahnya.

“Antusias masyarakat cukup tinggi. Buktinya,  ketika TPS dibuka jam 8.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB hampir setengah pemilih dari warga RT 04 sudah menyampaikan hak suara mereka,” ucapnya.

Ia berharap pemilihan serupa dapat terus berlangsung setiap kali pemilihan RW agar masyarakat menjadi semakin demokratis dan dapat menentukan pilihannya sendiri siapa yang akan memimpin daerahnya.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ikuti Arahan Pemerintah, PLN Fokus Program Uji Coba Kompor Listrik

Kontrak Shin Tae-yong akan Diperpanjang, Ketum PSSI Sudah Koordinasi Exco