in

Wayang Orang Akan Dipromosikan di Jerman

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mempromosikan kesenian Wayang Orang di beberapa negara di Jerman pada Agustus hingga Sep­tember 2019. Tidak hanya sekadar mempromosikan, nanti­nya juga akan ada pertunjukan wayang orang dengan lakon Kresna Duta.

“Pertunjukan wayang orang ini menjadi satu paket leng­kap dalam memperkenalkan berbagai elemen budaya Indo­nesia kepada masyarakat Jerman. Di dalamnya terdapat tari tradisional, musik gamelan, wastra Nusantara, dan sekaligus nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam lakon yang di­mainkan,” kata Direktur Warisan dan Diplomasi Kebudayaan Kemendikbud, Nadjamuddin Ramly, di Jakarta, Jumat (2/8).

Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman lebih tentang budaya Indonesia kepada masyarakat di Jerman, terutama di kota-kota yang belum terjangkau oleh program diplomasi budaya Indone­sia. Selain itu, lanjut ia, kegiatan ini bersifat cair dan dapat menjadi sarana yang tepat untuk terbukanya hubungan an­tara masyarkat dan komunitas secara langsung.

Beberapa kota di Jerman yang akan jadi tempat pemen­tasan wayang orang ini yaitu dimulai di Hamburg, Gottin­gen, Rotenberg, Hannover, Bremen, Kiel, dan kembali lagi ke Hamburg. Selain pertunjukan wayang orang, Nadjamu­din mengatakan juga akan ada karnaval budaya sehingga kegiatan berjalan lebih interaktif.

“Karnaval budaya dirancang sebagai program diplomasi budaya yang inklusif dan interaktif. Nanti ada kegiatan loka­karya pengenalan gamelan dan tari Jawa,” jelasnya. ruf/E-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dua Warga Singkil Tewas Kecelakaan di Meulaboh

Ada Tommy Soeharto di Balik Ijtima Ulama 4?