in

WBP Lapas Perempuan Palembang berobat ke klinik keluhkan penyakit usai Lebaran

Palembang (ANTARA) – Klinik layanan kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Palembang, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan ramai dikunjungi narapidana/warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang mengeluhkan berbagai penyakit setelah Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Setelah merayakan Lebaran Idul Fitri, hari ini mulai banyak WBP yang ke klinik lapas untuk memeriksakan berbagai keluhan gangguan kesehatan yang diduga dampak banyak memakan makanan khas Lebaran mengandung santan kelapa bawaan keluarga dan kerabat yang berkunjung ke lapas,” kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya, di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, suasana Lebaran Idul Fitri 1445 H dinikmati WBP Lapas Perempuan Palembang yang membuka layanan kunjungan bagi keluarga dan kerabat.

Layanan kunjungan itu dinikmati WBP untuk bersilaturahim, sekedar bersua dengan sanak keluarga dan kerabat atau makan bersama makanan khas Lebaran seperti ketupat serta aneka jenis kue kering dan basah.

Makanan khas Lebaran yang jarang dikonsumsi WBP menyebabkan gangguan kesehatan, terlihat banyak dari mereka antrean menunggu giliran di ruang tunggu klinik lapas untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

“Saya pastikan layanan kesehatan di seluruh lapas/rutan di Sumsel tetap berjalan optimal selama libur dan cuti bersama Idul Fitri ini. Para tenaga kesehatan, dokter maupun perawat tetap siaga memberikan pelayanan prima sesuai standar,” ujar Kakanwil Ilham.

Sementara Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Palembang Ike Rahmawati mengungkapkan bahwa tim medis klinik lapas selalu siaga selama 24 jam, karena kesehatan warga binaan menjadi prioritas selama Lebaran.

Untuk kondisi sakit warga binaan saat ini masih dalam tahap wajar, yakni seputar kondisi pencernaan karena kontrol makan yang tidak dijaga.

“Kami mengimbau dan mengantisipasi dini pemberian obat lambung dan edukasi agar selama dan pasca momentum Lebaran tetap sehat,” kata Kalapas Ike Rahmawati.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dinas Ketahanan Pangan Sumsel kendalikan virus SE untuk kerbau di OKI

Basarnas Palembang, Terus  Cari Bocah Tenggelam di Sungai Kikim