in

WHO Sebut Ada Empat Skenario Asal-usul Corona

PROHABA.CO – SEBUAH studi gabungan WHO Cina yang menyelidiki tentang asalusul virus Covid-19 mengatakan bahwa penularan virus dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain adalah skenario yang paling mungkin.

Hal itu terungkap dalam sebuah salinan draf yang diperoleh oleh The Associated Press, seperti diberitakan Senin (29/3/2021).

Laporan yang dipublikasi pada hari Selasa kemarin itu, saat ini sedang diawasi dengan ketat karena menemukan asal-usul virus dapat membantu para ilmuwan mencegah pandemi di masa depan.

Namun di sisi lain, laporan itu juga sangat sensitif karena Cina menolak setiap saran bahwa menjadi pihak yang harus disalahkan atas pandemi terjadi saat ini.

Penundaan berulang dalam rilis laporan tersebut telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah pihak Cina mencoba untuk memutarbalikkan kesimpulannya.

“Kami sangat prihatin tentang metodologi dan proses yang masuk ke dalam laporan itu, termasuk fakta bahwa pemerintah di Beijing tampaknya membantu menulisnya,” kata Menteri Luar Negeri, AS Antony Blinken, dalam wawancara CNN baru- baru ini.

“AS telah berbicara tentang laporan itu.

Dengan melakukan ini, bukankah AS mencoba untuk memberikan tekanan politik pada anggota kelompok ahli WHO? “ tanya Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, China Zhao Lijian.

Baca juga: WHO Temukan Petunjuk Baru dari Mana Covid Berasal

Laporan itu sebagian besar didasarkan pada kunjungan tim ahli internasional WHO ke Wuhan, Cina, tempat Covid-19 pertama kali terdeteksi, dari medio Januari hingga medio Februari 2020.

Dalam draf yang didapat AP tersebut, peneliti membuat daftar empat skenario sesuai urutan kemungkinan munculnya virus corona bernama SARS-CoV-2.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gisel Kasihan Saat Bertemu Penyebar Video Syurnya

Presiden Terbitkan Inpres Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan