in

Wisata ke Mandeh, Pecinta Sepeda Bisa Ikuti Mandiri Sungai Nyalo Bike Camp 2023

Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri Andrinof Chaniago (tengah) didampingi Pj Wali Nagari Sungai Nyalo Ressi Amra (kiri) dan Area Head Bank Mandiri Padang Okta Riza saat konferensi pers Mandiri Sungai Nyalo Bike Camp 2023 yang akan digelar di kawasan wisata Mandeh, Pessel.

PADEK.CO-Kawasan Wisata Mandeh di Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan XI Koto Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan bakal semakin ramai pada Sabtu dan Minggu 29-30 Juli nanti karena digelar iven “Mandiri Sungai Nyalo Bike Camp & Art Performance”.

Dengan adanya iven tersebut, pengunjung yang berwisata ke Mandeh bisa menyaksikan penampilan pagelaran seni sambil menikmati sunset di amphitheater Pantai Paku, dan mengikuti sepeda santai (gowes) yang digelar oleh masyarakat dan didukung Bank Mandiri.

“Pengunjung bersama teman atau keluarga bisa menyaksikan dan mengikuti iven Mandiri Sungai Nyalo Bike Camp & Art Performance pada 29-30 Juli 2023 nanti di Mandeh,” ungkap Pj Wali Nagari Sei Nyalo Mudiak Aia Ressi Amra di sela konferensi pers di Hotel Truntum Padang, Selasa (18/7/2023).

Ressi menjelaskan bahwa di hari pertama, 29 Juli, masyarakat dan pengunjung bisa menyaksikan pagelaran seni sambil menikmati sunset di Pantai Paku mulai pukul 16.00 WIB.

Pagelaran seni dari ISI Padangpanjang akan menampilkan tari piring, tari pasambahan, kolaborasi seni drama dan karawitan serta berbagai seni kolosal lainnya.

“Selepas Shalat Isya pada hari itu, kita juga menyajikan atraksi kesenian lainnya seperti rabab pasisie sekaligus penampilan randai dan silat,” ucapnya.

Pada hari kedua, lanjut Ressi, sejak pagi diadakan sepeda santai atau fun bike dan king on mountain dengan tiga kelas, yakni Open A untuk usia 16 – 29 tahun, Open B usia 30 – 40 tahun dan Open C usia 41 tahun ke atas.

Sampai hari ini, katanya, sudah mendaftar sebanyak 250 orang peserta dari Sumbar, Riau dan Jambi.

“Pendaftaran peserta fun bike gratis. Peserta akan mendapatkan fasilitas tenda gratis bagi 50 pendaftar pertama. Pemenang lomba akan mendapatkan uang tunai dan medali. Ada juga doorprize. Hadiah utamanya satu sepeda road bike,” ujar Ressi yang juga pengurus ISSI Pesisir Selatan, itu.

Untuk memeriahkan iven tersebut, masyarakat dan pengunjung disuguhkan hiburan dengan penampilan artis nasional seperti Tari KDI dan lainnya.

“Iven ini salah satu upaya kita untuk promosi wisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke kawasan Mandeh, terutama Sungai Nyalo Mudiak Aia. Saya mewakili masyarakat dan para pelaku wisata mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri yang telah menjadi sponsor utama,” ungkapnya.

Dengan adanya iven ini, kata Ressi, tentu saja membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat dan para pelaku wisata. Apalagi para pengunjung atau peserta fun bike nantinya akan berbelanja, menikmati atraksi wisata serta menginap di resort, hotel dan homestay.

Saat ini, kata Ressi, Mandeh memiliki banyak fasilitas yang bisa dinikmati para wisatawan, baik di darat maupun di laut, seperti marathon, bersepeda, camping, berenang, naik banana boat, menyelam hingga main jetski.

“Untuk itu, kami bersama para tokoh masyarakat, pemuda dan pelaku wisata akan memberikan layanan terbaik. Mohon dukungan dari semua pihak agar kegiatan ini bisa berjalan sukses sehingga diharapkan bisa jadi agenda tahunan,” kata Ressi.

Sementara itu, Wakil Komisaris Utama Bank Mandiri Andrinof Chaniago menyambut baik gagasan dari masyarakat menggelar iven bertajuk, “Mandiri Sungai Nyalo Bike Camp dan Art Performance” di Kawasan Wisata Mandeh.

“Karena niatnya bagus dan rencananya jelas, Bank Mandiri merespons dengan baik dan menjadi sponsor utama,” ungkap Andrinof.

Tokoh nasional asal Sumbar yang pernah menjabat Menteri PPN/ Kepala Bappenas itu menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini juga ada edukasi sadar lingkungan bagi masyarakat.

Sebagai salah satu BUMN, Bank Mandiri saat ini tengah fokus terhadap lingkungan. Karena itu Bank Mandiri memberikan respons positif penyelengaraan kegiatan ini karena sejalan dengan programnya.

“Mudah-mudahan dapat meningkatkan semangat masyarakat dan pengunjung dalam menjaga lingkungan dan gotong-royong,” ujar Andrinof yang pernah mengajak rekannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno joging dan berjetski di kawasan Mandeh beberapa waktu lalu.

Menurut Andrinof, kawasan Mandeh salah satu dari sedikit destinasi wisata yang memiliki pemandangan bagus dan lokasi menikmati sunset yang premium di Indonesia.

“Di kawasan ini juga sudah ada amphitheater untuk wisatawan menikmati pagelaran seni dan budaya,” ungkap Andrinof.

Sementara itu Area Head Bank Mandiri Padang Okta Riza mengatakan pihaknya sebagai sponsor juga akan ikut serta mempromosikan kegiatan tersebut baik di tingkat domestik maupun luar negeri.

“Kita juga berencana akan melaunching e-money bertemakan kekayaan wisata di kawasan penyelengaraan kegiatan tersebut, salah satu serinya nanti menampilkan wisata Mandeh,” ujarnya.

Diharapkan Okta, destinasi wisata Mandeh ke depannya tidak hanya dikenal pengunjung dari nusantara, namun juga terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

“Untuk itu, kami mengajak kita semua untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan ini pada 29-30 Juli 2023 nanti,” imbaunya.(y)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sambut Hari Adhyaksa dan IAD, Kejari Pessel Gelar Aksi Donor Darah

Soal Kisruh di BKIM Sumbar, Kuasa Hukum RWP Layangkan Somasi Kedua