in

Wow Ternyata Ini Peringkat 4 Besar Negara – Negara Terkaya di Dunia 2019, Asia Tenggara Punya Wakil Dua

Peringkat 4 Besar Negara Terkaya di Dunia 2019 – Jika ditanya mengenai negara terkaya di dunia, kebanyakan dari kita akan menjawab Amerika Serikat, Jepang, Jerman dan lainnya. Hal ini memang sangat beralasan, karena negara seperti Amerika Serikat, dikenal sebagai negara super power yang memiliki beberapa perusahaan berpengaruh di dunia. Sebut saja Facebook, Microsoft dan lain sebagainya. 

Untuk Jepang dan Jerman sendiri kita kenal dengan ekspornya yang kuat di bidang otomotif, sehingga bisa diketahui bahwa perekonomian mereka juga tidak kalah kuatnya. Namun utnuk mengetahui kekayaan suatu negara diperlukan perhitungan dan kalkulasi GDP (Gross Domestic Product). Dengan perhitungan tersebut, dapat diketahui kekayaan – kekayaan suatu negara dan merankingnya untuk dijadikan acuan.

Untuk menentukan kekayaan suatu negara diperlukan perhitungan besaran pendapatan nasional bruto atau GDP (Gross Domestic Product). 
Indikator dan peringkat GDP Perkapita setiap negara dapat dijadikan acuan dalam menentukan tingkat kekayaan suatu negara. Sederhananya, cara untuk menentukan angka GDP Perkapita tersebut adalah dengan membagi tingkat pendapatan nasional suatu negara dengan jumlah penduduknya di tahun itu.

Baca juga : 10 Daftar Negara Kaya Dengan Tingkat Pengangguran Terendah

Berbagai lembaga keuangan internasional seperti IMF dan bank dunia, telah melakukan pelaporan terkait GDP perkapita di semua negara. Dari laporan tersebut dapat diketahui negara – negara terkaya serta termiskin. Tapi disini kami hanya mengambil empat negara saja yang dianggap paling kaya di dunia. Berikut ini empat negara terkaya di dunia 2019 :

Peringkat 4 Besar Negara – Negara Terkaya di Dunia 2019

  • Qatar (GDP 129.726 dolar AS)  (1)

      Pada posisi pertama ada negara negara Qatar. Qatar sendiri adalah salah satu negara di Timur Tengah yang terletak di sebuah semenanjung kecil di Jazirah Arab. Dahulunya perekonomian negara ini tertumpu pada industri perikanan dan mutiara, namun sejak ditemukannya cadangan minyak besar di tahun 1940. Qatar memilih untuk menopang perekonomiannya di sektor minyak. 

      Langkah ini membuahkan hasil, dimana sejak saat itu perekonomian Qatar semakin kuat hingga pada akhirnya menjadi negara yang kaya. Diketahui dari data IMF sampai saat ini, pendapatan GDP Qatar mencapai 129.726 dolar AS  atau sekitar 1,7 milyar rupiah per tahun, dan kurang dari Rp 150 juta perbulan.

      • Luxemburg (GDP 101.936 dolar AS)  (2)

      Pada posisi kedua ada sebuah negara kecil di eropa yaitu Luxemburg. Meskipun negara ini kecil yaitu hanya seluas 2.586 km persegi, tapi negara ini mempunyai pendapatan nasional yang tinggi yaitu 1 milyar dolar AS. Negara ini juga memiliki tingkat pengangguran dan inflasi yang rendah, sehingga menjadikan negara ini berpendapatan rata – rata 1,3 milyar atau sekitar Rp 110 juta perbulan.

      • Singapura (GDP 87.082 dolar AS)  (3)

      Pada posisi ketiga terdapat negara asia tenggara yaitu Singapura. Negara yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya ini memiliki luas tak lebih dari 716 km persegi. Negara ini termasuk negara kecil di dunia, walaupun kecil negara ini Letaknya strategis. Sehingga menjadikan negara Singapura sebagai salah satu kawasan transit tersibuk di dunia. Sumber kekayaan dan pendapatan negara ini berasal dari sektor pelayanan jasa, industri kimia, dan beberapa sektor ekonomi lainnya. 

      Statistik Singapura merupakan yang paling tinggi di antara negara-negara lainnya yang masuk dalam wilayah Asia dihitung dalam pertumbuhan infrastruktur, rekrutmen pekerja, dan indikasi sosial. GDP per kapita pada tahun lalu di Singapura dilaporkan telah mencapai tingkat USD 87.082 (IDR 1,13 miliar).

      • Brunei Darussalam (GDP 79.710 dolar AS)

      Selain Singapura Brunei juga tergolong negara kecil yang makmur. Ekspor minyak mentah dan gas bumi merupakan sumber pendapatan terbesar bagi Brunei sejak 80 tahun yang lalu. Negara Brunei juga dikenal sebagai eksportir gas alam cair terbesar di dunia. Jadi wajar saja jika negara yang hanya seluas 5.765 km persegi ini punya pendapatan perkapita 79.710 dolar AS atau 1,3 milyar rupiah lebih.

      Penulis: https://www.diedit.com

      Tags: Gdp, Negara Terkaya

      Loading…

      What do you think?

      Written by Julliana Elora

      Sempat Diremehkan, Juri Dibuat Melongo saat mendengar Wanita ini Bernyanyi

      BNI Cabang Solok Lipat Gandakan Kebaikan