in

Yusril Katil harap seniman daerah bisa tampil di kota besar

Sebetulnya banyak teater di daerah yang bagus-bagus

Jakarta (ANTARA) – Sutradara teater Yusril Katil berharap seniman teater daerah lainnya bisa mendapatkan kesempatan untuk tampil memperkenalkan karyanya di teater-teater kota besar seperti Jakarta.

“Sebetulnya kami kan dari kota kecil ya di Indonesia yaitu Padang Panjang. Sebetulnya teater itu suatu pertunjukan yang kolektif yang menggunakan banyak orang. Jadi tidak semua orang mendapat kesempatan untuk nonton,” kata Yusril kepada ANTARA saat dijumpai di Jakarta Selatan, Jumat Malam.

“Misalnya kalau saya tidak ke Jakarta, tentu teman-teman nggak bisa nonton saya di sini. Sebetulnya banyak teater di daerah yang bagus-bagus. Tapi mereka mungkin belum mendapat kesempatan untuk main di tempat yang pas. Jadi harapan saya sebetulnya bagaimana teman-teman saya yang dari daerah di kota-kota lain itu bisa mendapat kesempatan untuk main di tempat yang representatif seperti Ciputra Artpreneur ini. Gedung seperti ini tidak banyak lho di Indonesia. Ini hanya ada di Jakarta,” tambahnya.

Baca juga: Pentas “Under The Volcano” akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur

Selain itu, Yusril juga berharap teater-teater besar juga dapat dibangun di kota lain selain Jakarta. Hal itu diharapkan Yusril dapat mempermudah seniman di daerah lain dapat mempertontonkan karyanya di tempat yang tepat dan layak.

“Jadi harapan saya kalau bisa sebetulnya tempat-tempat alternatif itu harus banyak dibangun di Indonesia. Sehingga teman-teman tidak harus susah ya. Tidak harus bermigrasi ke kota besar untuk memperlihatkan ekspresinya. Alhamdulillah kalau mereka punya sponsor atau produser. Kalau tidak gimana tuh?” ujar Yusril.

“Saya berharap negara sekarang mulai peduli ya dengan undang-undang percepatan kebudayaan, semoga teman-teman mendapat kesempatan yang sama dengan saya. Saya sudah 30 tahun berteater, baru dapat kesempatan main itu 10 tahun terakhir ini. Kalau di TIM saya sudah sering, tapi terlalu lama menunggu 20 tahun supaya bisa main di kota besar. Bukan keharusan sih, tapi kapan lagi teater bisa dimainkan di tempat yang layak,” tutupnya.

Yusril Katil akan mempersembahkan karyanya “Under The Volcano” besok di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Ciputra Artpreneur yang berlokasi di Ciputra World 1 Kuningan memiliki teater berstandar internasional dengan kapasitas mencapai 1.141 kursi. Tak hanya itu, Ciputra Artprenuer juga memiliki Multi-Function Hall yang dapat menampung 2.000 orang tamu.

Baca juga: Teater Tanah Air bersiap tampil di Jepang

Baca juga: Monolog “Di Tepi Sejarah” hidupkan lagi kisah pelukis Emiria Soenassa

Baca juga: Taman Budaya Kalsel berupaya angkat kesenian Damarwulan

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bukan Hanya Di DPRD, 3 Kantor Ini Juga Disatroni Pencuri

Meriahnya Festival Batavia Kota Tua