in

10 Tips untuk Diet Sehat dan Aman

10 Tips Diet Sehat dan Aman – Untuk anda yang ingin melaksanakan diet, ada baiknya anda melaksanakan tips-tips dibawah ini. Tanpa panjang lebar langsung saya persembahkan saja tips untuk diet dibawah ini.

tips untuk diet

  1. Buat dan Atur Menu

Kalau anda ingin berhasil dalam diet anda, anda harus mengatur menu yang anda makan untuk hari ini dan beberapa hari kedepan. Ini supaya anda bisa memastikan betul kalau makanan yang anda makan ini baik untuk program diet anda. Untuk anda yang bingung dengan menu diet apa yang harus ada terapkan untuk beberapa hari kedepan, anda bisa mencari menu-menu diet yang tersebar di internet.

  1. Camilan juga Harus Diatur

Bukan hanya menu pokok makan anda yang harus anda atur. Anda harus bisa juga mengatur cemilan yang akan masuk dan berdiam ditubuh anda. Diusahakan anda tidak ngemil gorengan, permen, makanan berat yang kaya :karbohidrat, gula, dan lemak. Untuk cemilan, anda bisa mengkonsumsi kacang almond, smoothie blueberry, biskuit, jelly, atau popcorn.

  1. Jangan Tinggalkan Sarapan

Memangkas porsi makan dengan tidak sarapan adalah tindakan yang salah. Metabolisme sebagai kunci keberhasilan diet anda justru akan melambat jika anda meninggalkan sarapan. Sarapan itu juga akan menjadi sumber tenaga anda untuk aktivitas di pagi hari. Jadi jangan heran kalau anda akan semakin kelaparan kalau anda meninggalkan sarapan.

  1. Atur Kalori yang Masuk

Setiap orang punya kebutuhan kalori yang berbeda. Anda harus pastikan memperoleh kalori yang cukup dan tak berlebih. Sumber kalori yang cukup besar adalah karbohidrat, gula, dan juga lemak. Jadi anda harus pastikan tidak berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan juga gula.

  1. Tepat Waktu

Anda harus menepati jadwal makan anda, jangan sampai telat. Karena banyak sekali dari kita yang telat makan akan lebih lapar dan tidak bisa mengendalikan diri ketika melihat makanan. Jelas sekali dampaknya anda akan makan lebih banyak.

  1. Cintai Serat!

Serat adalah kawan baik anda dalam misi diet, karena beragam manfaat menguntungkan untuk diet anda. Konsumsi serat ini sendiri disarankan pada siang dan malam hari. Sumber serat pun mudah dijumpai dari berbagai jenis kacang-kacangan, buah, dan sayur.

  1. Protein

Protein ini sangat membantu anda dalam perihal membakar lemak dan sebagai penunjang diet sehat yang anda jalani. Tapi saya tak akan menganjurkan anda untuk makan protein banyak-banyak, cukup penuhi saja kebutuhan protein anda. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Sumber protein bisa anda dapat dari putih telur, oat meal gandum, dan tempe. Protein juga dianjurkan sebagai menu sarapan anda.

  1. Air Putih

Air putih adalah minuman tersehat dan termurah yang pernah saya jumpai. Tentunya air putih juga baik untuk diet. Anda bisa memperbanyak konsumsi sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa untuk konsumsi minimal 8 gelas air putih perhari sebagai kebutuhan pokok anda.

Jangan anda percaya dengan kabar kalau air putih ini bisa membuat anda gendut. Itu salah! Air putih tidak berkalori, jadi air putih aman anda konsumsi untuk diet. Jadi dengan air putih ini anda akan lebih bisa mengkontrol nafsu makan, membuat anda cepat kenyang, dan tentunya menjauhkan anda dari kebiasaan jajan.

  1. Karbohidrat Kompleks

Dalam tips untuk diet mengatur jenis karbohidrat juga penting anda lakukan.Pilih karbohidrat kompleks daripada karbohidrat sederhana yang lebih sulit di serap tubuh dan lebih sering ditimbun sebagai lemak. Karbohidrat sederhana terdapat pada nasi putih, mie, dll. Sedangkan karbohidrat kompleks bisa dijumpai pada beras merah, oat meal, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

  1. Banyak Gerak = Olahraga

Olahraga ini bisa membakar lemak yang ada pada tubuh anda dan mengubah kalori menjadi energi. Kalau anda terlalu sibuk untuk berolahraga anda  cukup memperbanyak gerak. Mulai dengan pergi ke tempat dekat dengan jalan kaki, dan memilih tangga daripada lift.

Demikianlah tips untuk diet yang bisa disajikan untuk anda. Dalam blog ini masih banyak tips-tips diet lainnya yang patut anda ketahui. Semoga berhasil!


Related Posts

What do you think?

Written by virgo

Bebal

Sumsel Raih Penghargaan Penanganan Konflik Sosial