Beranda Nasional 18 Cara Menghilangkan Ngorok Yang Terbukti Ampuh

18 Cara Menghilangkan Ngorok Yang Terbukti Ampuh

92
0
BERBAGI

Cara menghilangkan ngorok.Ngorok atau mendengkur terjadi karena terhambatnya aliran udara yang melalui hidung dan mulut,sehingga mengakibatkan getaran pada tenggorokan yang menghasilkan suara nafas yang kuat,mendengkur biasanya mengeluarkan bunyi Krok krok,yang mungkin itu sebabnya kenapa mendengkur juga biasa di sebut ngorok.

Umumnya mendengkur terjadi pada orang dewasa atau orang tua,dan orang mempunyai kelebihan berat badan atau sering di sebut obesitas,walaupun kebiasaan mendengkur tidak akan mengganggu si pendengkur,namun kebiasaan ini akan sangat mengganggu ketenangan orang di sekitar anda,karena biasanya suara yang di hasilkan dari ngorok itu berbunyi keras yang bisa mengganggu pendengaran.

Untuk menjaga ketenangan teman tidur anda,ada baiknya untuk menghilangkan dengkuran itu,untuk menghilangkan ngorok,tak perlu menggunakan bahan-bahan kimia,pakailah cara yang alami,karena yang alami itu lebih sehat,biasakan hindari segala sesuatu yang dapat menyebabkan ngorok,seperti hindari meminum alkohol,kurangi merokok atau coba dengan menurunkan berat badan,dan masih banyak lagi cara yang lainnya,untuk lebih jelasnya,simak ulasannya berikut ini.

1.Kurangi alkohol

Untuk menghilangkan ngorok yang pertama adalah dengan menghindari minuman beralkohol,paling tidak,jangan meminum alkohol 5 jam sebelum anda tertidur,karena akan menyebabkan semakin parahnya dengkuran kita,dan menurut penelitian,dengan meminum alkohol ternyata dapat melemaskan otot-otot saluran udara bahkan lebih dari normal yang menyebabkan jatuhnya jalan nafas.

2.Olahraga

Untuk menghilangkan ngorok,kita juga perlu melakukan olahraga,dengan berolahraga secara rutin akan mengencangkan otot-otot di tenggorokan,yang di percaya dapat mengurangi dengkuran saat tidur,lakukanlah olahraga dengan menggerakkan kaki,leher,lengan dan anggota tubuh lainnya.

3.Jangan meminum obat penenang

Jangan mengkonsumsi pil tidur atau obat penenang lainnya,karena obat tidur membuat otot-otot leher menjadi lentur yang menyebabkan efek rileks,hal itu tentu saja akan membuat dengkuran menjadi semakin parah.

4.Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu penyebab terjadinya dengkuran,berat badan yang berlebihan akan meningkatkan risiko lemak menekan pada tenggorokan yang akan membuat dengkuran semakin memburuk.

Untuk menurunkan berat badan,cobalah terapkan pola hidup sehat dan rajin olahraga.

5.Mulut jangan sampai terbuka

Mulut yang terbuka saat tidur juga merupakan salah satu penyebab mendengkur,untuk itu usahakan jangan tidur dengan mulut yang terbuka,selain menyebabkan dengkuran,mulut yang menganga juga tak enak di pandang.

Bila susah untuk menutup mulut,gunakanlah alat bantu yang di rancang khusus dengan perekat,untuk menutup mulut saat tidur.

6.Berhenti merokok

Merokok memang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan,seperti kanker,gangguan pada kehamilan,dan penyakit paru-paru,dan ternyata merokok juga dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan hidung tersumbat,dan akibatnya memperparah mendengkur anda.

Untuk itu berhentilah merokok,selain akan menghilangkan dengkuran,menghentikan merokok juga akan meningkatkan kesehatan anda,dan juga akan meningkatkan kesehatan orang di sekitar anda.

7.Ubah posisi tidur

Cara menghilangkan dengkuran selanjutnya adalah jangan tidur terlentang,karena dengan posisi tidur terlentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut akan menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara pada saat tidur,maka dari itu,ubahlah posisi tidur anda dengan menyamping.

8.Bersihkan sinus sebelum tidur

Usahakan sebelum tidur untuk mengeluarkan kotoran yang ada di hidung,untuk menghindari tersumbatnya aliran udara di bagian sinus,karena penyebab utama dari terjadinya dengkuran itu adalah karena tersumbatnya aliran udara di bagian hidung.

9.Periksakan alergi

Loading…

hidung tersumbat yang menyebabkan tidur ngorok,mungkin saja di akibatkan karena alergi,maka dari itu,periksakan diri anda,siapa tahu anda memang memiliki alergi,seperti alergi debu atau lingkungan yang tidak bersih.

10.Senam tenggorokan dan lidah

Cara menghilangkan ngorok selanjutnya adalah dengan melakukan senam tenggorokan dan senam lidah,cara ini dapat membantu melonggarkan otot tenggorokan anda,dan menghilangkan ngorok saat tidur.

Lakukan senam ini dengan cara membuka lebar mulut anda dan meregangkan rahang ke satu sisi dan pegang rahang selama 30 detik,lalu julurkan lidah sepanjang mungkin.

11.Cukup tidur

Terlalu lelah juga dapat menyebabkan tidur mendengkur,maka istirahat dan tidurlah yang cukup,karena saat kelelahan otot-otot dalam tubuh akan menjadi tegang,dan membuat tidur ngorok.

12.Bernyanyi sebelum tidur

Cara menghilangkan ngorok selanjutnya adalah dengan bernyanyi keras sebelum beranjak tidur,karena dengan bernyanyi terbukti dapat mengendurkan otot tenggorokan.

13.Hirup uap air sebelum tidur

Lakukan cara ini sebelum beranjak tidur,caranya dengan membasahi handuk dengan air hangat,lalu hiruplah,atau bisa juga dengan menghirup langsung uap yang keluar dari air hangat,cara ini di lakukan untuk membersihkan rongga hidung,agar kita dapat bernapas dengan lega dan lancar,hal tersebut otomatis akan mengurangi dengkuran.

14.Minum air putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari,agar tidak mengalami dehidrasi,karena proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket saat mengalami dehidrasi.

15.Cuci hidung dengan air garam

Aliran udara yang masuk bisa berubah menjadi dengkuran jika rongga hidung tersumbat akibat flu atau hal lainnya,untuk itu lakukan cara ini untuk menanganinya,yaitu dengan mencuci hidung dengan mengggunakan air garam,di jamin cara ini dapat melancarkan peredaran udara,dan kebiasaan ngorokpun akan hilang.

16.Mengatur waktu makan dan jangan meminum susu sebelum tidur

Aturlah waktu makan anda,usahakan jangan makan makanan yang berat dan mengandung lemak beberapa jam sebelum tidur,dan hindari meminum susu sebelum tidur,karena hal tersebut dapat meningkatkan produksi lendir dalam mulut anda,dan tentu saja akan memburuknya kebiasaan ngorok anda.

17.Gunakan kontrol udara di kamar

Dengan menggunakan kontrol udara di kamar tidur anda,akan membuat kamar memiliki uap air yang bagus bagi sirkulasi pernafasan,karena udara yang kering akan menyebabkan jaringan iritasi di rongga hidung dan tentunya akan memperparah kebiasaan mendengkur anda.

18.Angkat posisi kepala saat tidur

Biasakan posisi kepala saat tidur lebih tinggi dari badan,karena posisi ini akan membantu untuk membersihkan penghalang di bagian tenggorokan,dan tidurpun akan terasa nyaman tanpa dengkuran.

Itulah 18 cara menghilangkan ngorok yang terbukti ampuh.

Tags: Cara Menghilangkan Ngorok, Kesehatan Tubuh

Loading…