Beranda Nasional 5 Air Terjun Yang Bersumber Dari Gunung Rinjani yang bikin Awet Muda

5 Air Terjun Yang Bersumber Dari Gunung Rinjani yang bikin Awet Muda

152
0
BERBAGI

Gunung Rinjani Merupakan Gunung Merapi Yang Berlokasi di Pulau LombokTepatnya di Lombok Bagian Utara Namun Wilayahnya Terbagi Menjadi 3 Wilayah/Kabupaten Yaitu Lombok Utara, Lombok Tengah Dan Lombok Timur. Gunung Ini Juga  kita mengenalnya sebagai gunung yang memiliki keindahan landscape yang tiada duanya. Tetapi tahukah Anda? Selain gunung Rinjani memadukan kemegahan luar biasa dari sisi bentang alam juga menyimpan air terjun – air terjun indah di kawasan hutannya yang justru jarang diketahui oleh pendaki Rinjani.

Gunung Rinjani Merupakan Gunung Tertinggi Ke 3 Di Indonesia Dengan Ketinggian 3726 Mdpl Dengan Luas Wilayah Taman Nasionalnya Sekitar 76.0000 hektar Dengan Luas Wilayah Tersebut Terbagi Menjadi 3 Wilayah Sehingga Memiliki Banyak Air Terjun Diantaranya Ada 5 Air Terjun Yang Indah dan Banyak di Kunjungi Wisatawan Domestik dan Mancanegara. 

  1. AIR TERJUN TIU KELEP SENARU
Paket Wisata Lombok
Air Terjun Tiu Kelep

Tidak jauh dari Sendang Gile, juga terdapat air terjun Tiu Kelep. Keduanya satu lokasi dengan pintu masuknya di depan rumah makan Galang Ijo.Untuk Mencapai Air Terjun Tersebut Kita Menempuh Perjalanan Dengan Berjalan Kaki Sekitar 45 Menit Dari Sendang Gile. Wisatawan harus melewati jalan berupa terowongan air untuk sampai menuju air terjun Tiu Kelep. Perjalanan melewati terowongan air ini memberikan sensasi yang luar biasa tatkala kita harus berjalan pelan dalam keremangan cahaya senter. Alternative jalur lainnya bisa melewati jalan setapak yang lebih mudah. Hati – hati saat menuju Tiu Klelep, karena batuan di sungainya licin.

2. AIR TERJUN BENANG KELAMBU

Paket Wisata Lombok
Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Yang Satu Ini Sangat Unik Lho Kenapa Saya Katakan unik…? Dari Nama nya Saja Sudah Unik Yaitu Air Terjun Benang Kelambu Dimana Air terjun ini Menyerupai Seperti Serat Benang Yang jatuh Bersamaan Kebawah Dan Menyerupai Kelambu, dan konon katanya Orang Lombok Air Terjun Benang Kelambu Ini Memiliki 2 Khasiat Yang Pertama Yaitu jika Kita Mandi Di Air Terjun Benang Kelambu Bisa Membuat Kulit Cantik dan Rambut lebat.

Yang Kedua Apalagi melihat godaan Air Terjun Benang Kelambu sebab airnya begitu jernih, dingin, dan segar. Kamu pasti tidak akan kuat untuk tidak berenang. Jangan lewatkan mendapat pijat refleksi alami di bawah air terjun. Air terjun akan dengan mahir memijatmu hingga badanmu terasa lebih ringan.

3. AIR TERJUN MANGKU SAKTI 

Paket Wisata Lombok
Air Terjun Mangku Sakti

liburan di lombok bingung mau kemana..? objek wisata di lombok memang bikin bingung ada wisata pantai, gunung, kuliner sampai air terjun semuanya menarik untuk di kunjungi, Nah salah satu objek wisata yang memiliki kecantikan gila, ya air terjun mangku sakti lombok kecantikan yang super bikin kamu heboh sendiri

Letak objek wisata ini adalah di Desa Sanjang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat kota Selong, ini jika kamu melewati jalur perbukitan Sembalun, akses jalannya cukup terjal dan kamu akan merasakan hawa yang sangat sejuk. Kamu juga bisa melewati jalur pantai timur ke arah utara, yaitu melewati Kecamatan Sambelia jaraknya sekitar 100 km, bedanya jalannya landai dan hawanya panas. Kamu bisa memilih jalur mana yang ingin kamu lewati.

Air Terjun Mangku Sakti ini dikelola oleh masyarakat setempat. Sesampainya di area parkir kamu harus membayarRp. 10.000 untuk motor, sedangkan mobil Rp. 20.000. Uang parkir tersebut sudah termasuk tiket masuk. Dari area parkir, kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 4 km. Kalau kamu menggunakan motor kamu bisa melanjutkan perjalananmu menuju air terjun dengan motor. Namun, jika kamu menggunakan mobil, kamu akan kesulitan. Ini karena akses mobil yang tidak bisa masuk ataupun sulit karena jalannya tanah kerikil, becek, dan berbatu. Sehingga, kamu harus berjalan kaki.

4. AIR TERJUN UMAR MAYA

Paket Wisata Lombok
Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Ini Bisa di Katakan Baru Belum Banyak Yang Mengethuinya Air Terjun Umar Maya Ini Letaknya di Daerah Lombok Timur Air Terjun Umar Maya Memilki Kecantikan Yang Memikat, Nama Umar Maya kata masyarakat setempat, itu berasal dari leluhur Suku Sasak. Tepatnya dari kisah pewayangan bernama Umay Maya. Seorang raja sakti mandraguna dan tersohor kebijaksanaannya. Masyarakat setepat percaya bahwa air terjun tersebut adalah tempat pertapaan Umar Maya. Tepat di gua di balik air terjun. Karena itulah, air terjun ini dinamakan Air Terjun Umar Maya.

Air Terjun Umar Maya Memiliki Ketinggian 6 Meter Dengan Air Yang Jernih Dan Kolam Telaga di Bawah Air Terjun Dengan Lebar Kedalaman Telaga Sekitar 0,5 Sampai 2 Meter Dengan Arus Yang Cukup Tenang, Sehingga Jika Kamu Membawa Anak Kecil Jadi Tidak Perlu Khawatir Karena Arus Yang Cukup Tenang Dan Dasar Kolam Pasir Sungai Dan Batu Kerikil Jadi Cukup Aman Untuk Berenang Di Telaga Atau Kolam Air Terjun Umar Maya Lombok.

5. AIR TERJUN TIU TEJA

Paket Wisata Lombok
Air Terjun Tiu Teja

Sebenarnya, masih banyak lagi air terjun di lereng – lereng Gunung Rinjani dengan Ketinggian 3726 meter dari permukaan laut, yang membentang mulai dari ujung Kabupaten Lombok Utara, hingga ujung Kabupaten Lombok Timur. Hanya saja, keterbatasan akses jalan menuju lokasi, dan minimnya fasilitas publik, atau akomodasi, membuat berbagai air terjun yang sangat indah itu sepi dari pengunjung. 

Air Terjun Yang Satu Ini Biasa Di sebut Air Terjun Tiu Teja Dimana Yang Artinya Tiu Dalam Bahasa Sasak Adalah Pelangi, Akibat Seringnya Terlihat Pelangi di Air Terjun Tersebut Akhirnya Masyarakat Menyebutnya Air Terjun Tiu Teja Maka air terjun Tiu Teja memiliki dua mata air terjun yang meluncur secara berdampingan. Indahnya lagi, ketika mendapat sinar matahari, sewaktu waktu akan muncul sinar pelangi diantara bias titik-titik air yang meluncur.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,