in

Aneka Sambal Kebanggaan Nusantara Bercita Rasa Tinggi

Sambal adalah menu pelengkap yang terdiri dari beberapa potong cabai dan garam lalu dihaluskan menjadi satu ataupun ditambahkan tomat, terasi, bawang putih, ikan teri maupun buah mangga yang masih pencit atau muda yang menambah cita rasa dari aneka olahan sambel di berbagai daerag di nusantara.

Setiap daerah memiliki jenis olahan sambel sendiri menurut lidah mereka dan kesesuaian dengan lauk pauk yang akan dimakan. Penikmat sambal sendiri adalah kebanyakan kaum  hawa. Entah kenapa ketika sudah menyantap makanan sambil ditemani sambal, seolah nafsu makan mereka menjadi bertambah.

Berikut aneka macam olahan sambel khas  dan asli nusantara yang sangat nikmat citarasanya.

Sambal Bawang

Sambal bawang ini adalah sambal yang paling simple yang diolah dari campuran cabe rawit, bawang putih serta garam. Kepedasan sambal bawang ini kadang juga membuat penikmatnya langsung keringetan.

Sambal Tomat

Ini adalah sambal yang paling sering diminati banyak orang karena perpaduan rasa pedas gurih dari cabai, garam, dan terasi  ditambah kesegaran dari tomat dan sedikit gula. Biasanya dihidangkan sebagai menu makanan penyetan beserta lalapannya.

Sambal teri

Pernah makan sego kucing atau nasi kucing khas menu angkringan Jogjakarta ? Ya pasti diatas nasinya akan ditambahkan sambal teri. Sambal teri ini terdiri dari campuran cabai merah besar, garam , dan terasi yang dihaluskan menjadi satu.  Rasa pedas, asin, gurihnya sangat bikin ketagihan.

Sambal Dabu – dabu

Berbeda dengan sambal lainnya, sambal dabu – dabu tidak diulek sampi halus melainkan hanya seperti digeprek atau dimemarkan saja. Biasanya terdiri dari campuran cabe rawit, garam, jeruk nipis, cabai hijau, dan tomat.  Rasa pedas asamnya pas sebagai menu olahan dari laut.

Sambal Pencit

Pencit atau mangga  muda biasanya diidentikan dengan rujak. Namun, variasi menu olahan sambal ini sangat menggoyang lidah soal rasa. Campuran cabe merah besar, garam, gula, dan pencit ini akan menimbulkan sensasi pedas yang pecah di mulut.

Sambal Matah

Sambal Matah atau sambal mentah ini mempunyai ciri khas yang segar seperti sambal dabu – dabu. Bedanya, bahan dari sambal ini hanya dipotong kecil – kecil saja tanpa dihaluskan. Seperti campuran cabe rawit, cabe merah, cabe hijau, bawang merah, dan tomat.

Sambal Hijau

Yang sering mengkonsumsi menu masakan padang pasti tidakla asing dengan jenis sambal nusantara satu ini. Ya menu sambal khas minang ini terdiri dari campuran cabe hijau, bawang putih, garam, gulan , dan sedikit terasi. Tingkat kepedasannya sedang saja.

Sambal Kecap

Sambal kecap sering digunakan sebagai pelengkap menu gorengan. Cukup mudah untuk membuatnya, hanya terdiri dari campuran cabe rawit, bawang putih, garam , dan kecap.

Sambal Petis

Penikmat gorengan juga sangat akrab dengan sambal petis sebagai pelengkap menikmati gorengan ketika dicocol. Terdiri dari campuran petis, bawang putih, garam ,kecap, dan cabe rawit.

Baca Juga: 10 Jenis makanan dan minuman dengan waktu kadaluarsa terlama

Sambal Rujak

Sambal rujak ini adalah salah satu idola kaum wanita yang kebiasaannya sangat doyan ngerujak. Campuran cabe rawit, gula aren, kacang goreng, bawang putih,  garam, gula dan sedikit terasi sangat mantap di lidah. Ditambah aneka buah – buahan segar yang rasanya asam manis akan menambah nikmat santap makan.

Nah yang manakah pilihan sambal favoritmu ?

What do you think?

Written by virgo

Aktor Yang Melakukan Pengorbanan Ekstrim Demi Sebuah Film

Doa dan Bendera Setengah Tiang untuk Kenang Tsunami