Beranda Nasional Angka Pencurian dan Pencabulan Masih Menjadi Kasus Tertinggi Ditahun 2017

Angka Pencurian dan Pencabulan Masih Menjadi Kasus Tertinggi Ditahun 2017

55
0
BERBAGI

Aksi kriminal pencurian dan pencabulan masih menjadi kasus tertinggi ditahun 2017 di wilayah hukum Polres Lingga, Kabupaten Lingga.

Tindak kriminal yang diselesaikan oleh Polres Lingga ditahun 2017 ini meningkat dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai 89,10 persen dari seratus satu perkara dengan penyelesaian tindak pidana 90 perkara. Ditahun yang lalu Polres Lingga hanya berhasil menyelesaikan 76,85 persen perkara dari 108 jumlah tindak pidana dengan 83 penyelesaian tindak pidana.

“Kita menjadi yang terbaik dalam penyelesaian kasus tahun 2017, khususnya dalam penyelesaian tindak pidana khusus,” kata Kapolres Lingga AKPB Ucok Lasdin Silalahi, Senin.

Meskipun begitu menurutnya masih tingginya tindak kriminal pencurian dan pencabulan adalah salah satu penyakit masyarakat yang disebabkan karna faktor lingkungan dan keluarga. Untuk itu dirinya berharap agar kedepan perhatian keluarga dan kesadaran masyarakat akan kegiatan-kegiatan positif perlu ditingkatkan.

Upaya polres Lingga dalam menekan tindak kriminal di Kabupaten Lingga adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok kerja, dan komunitas-komunitas, serta organisasi-organisasi keagamaan maupun kepemudaan dengan memperkuat peran Babin Kamtibnas di desa-desa.

” Saat ini Babinkamtibnas kita menjaga dua sampai tiga desa untuk satu polisi, jika melihat kondisi geografis kita yang terdiri dari pulau-pulau ini masih kurang tapi jika dilihat dari jumlah penduduk hal itu masih dapat teratasi,” jelas Kapolres Lingga.

Untuk tindak kriminal lain kasus Narkoba di Kabupaten Lingga pengalami penurunan dalam penanganan kasus dibanding tahun 2016. Ditahun 2017 Polres Lingga juga berhasil mengembalikan kerugian negara senilai Rp500 juta.

Dibidang Keselamatan Lalu Lintas ditahun 2017 jumlah kecelakaan lalu lintas menurun dibandingkan tahun 2016 dengan tren 52,72 persen. Langkah yang dilakukan oleh satuan lalu lintas Polres Lingga adalah lebih banyak melakukan teguran dan sosialisasi kepada masyarakat.

Diawal tahun 2018 ini tepatnya bulan Januari Polres Lingga juga akan mendatangkan mobil SIM Keliling untuk mempermudah masyarakat melakukan perpanjangan SIM.