Beranda Nasional Apel Gabungan IARMI Kota Padang, Menwa sebagai Pancaindra di Kampus

Apel Gabungan IARMI Kota Padang, Menwa sebagai Pancaindra di Kampus

71
0
BERBAGI

AIATAWA, METRO – Ikatan Alumni Mahasiswa Indonesia (IARMI) Kota Padang menggelar apel gabungan dengan mengikutsertakan Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Sumbar di kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Sabtu (19/10).

Bertindak sebagai pembina apel gabungan tersebut Dewan Pimpinan Penasehat IARMI Sumbar, Rusdan. Apel gabungan tersebut juga dihadiri Komandan Menwa Maharuyung Sumbar, Wahyu Iramana Putra, Pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Sumbar dan Menwa aktif di lingkungan Perguruan Tinggi se-Sumbar.

Dewan Pimpinan Penasehat IARMI Sumbar, Rusdan mengatakan, Menwa merupakan salah satu komponen masyarakat yang sangat istimewa. Sebab, karena satu-satunya komponen yang diberikan ilmu kemiliteran dan strategi kemiliteran secara terbatas sejak dini adalah mahasiswa yang tergabung dalam Menwa.

“Oleh karenanya, Menwa diharapkan menjadi salah satu satu bagian gardan terdepan apabila terjadi permasalahan, Menwa dapat membantu menyelesaikan bersama komponen bangsa lainnya,” ujar Rusdan.

Rusdan menambahkan, Menwa juga dapat manjadi salah satu komponen untuk menyampaikan berbagai informasi berkaitan dengan bangsa ini kepada masyarakat. Apalagi belakang ini banyak informasi yang beredar tidak benar (Hoaks).

“Maka dengan berkumpul bersama melalui Apel gabungan ini, pimpinan akan memberikan informasi kepada kita, mana informasi yang benar dan yang tidak benar. Sehingga informasi yang benar tersebut dapat kita sampaikan kepada masyarakat,” tukasnya.

Rusdan berharap, melalui apel gabungan ini dapat memperkuat hubungan silaturahmi antar sesama rekan Menwa perguruan tinggi se-Sumbar dengan IARMI Sumbar, sehingga kedepan Menwa di Sumbar dapat menjadi lebih baik lagi. “Kita berharap, adek-adek Resimen Mahasiswa terus belajar dan tingkatkan pendidikan,” pintanya.

Sementara itu, Komandan Menwa Maharuyung Sumbar, Wahyu Iramana Putra mengatakan, Resimen Mahasiswa harus menjadi panca Indra didalam aktivitas kampus. Menjadi penyeimbang dan penggerak serta memberikan sumber pemikiran bagi kampus terutama dalam menegakkan kedisiplinan yang selama ini masih kurang di kampus

“Resimen Mahasiswa dinilai efektif di dalam meningkatkan kedisiplinan bagi mahasiswa kampus, karena pendidikan kedisiplinan merupakan bahagian utama dalam Menwa,” sebut Wahyu.

Ia menambahkan, Menwa merupakan salah satu komponen yang selalu siap bersama pemerintah untuk membantu menyelesaikan persoalan-persoalan kepemerintahan. Sebagaimana dengan keluar Undang-ndang terbaru, bahwa Menwa merupakan komponen nasional yang sewaktu-waktu apabila dibutuhkan, Menwa dapat membantu persoalan tersebut.

“Apalagi Menwa sejauh ini telah banyak menjadi pemimpin dari bangsa. Dengan menjadi komponen nasional dari bangsa ini, maka akan memberikan pelajaran sehingga suatu saat mereka menjadi pemimpin, mereka sudah punya bekal keilmuan,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPK IARMI Kota Padang Edi Rifa’i menjelaskan, tujuan dilakukan apel gabungan ini untuk menjalin silaturahmi antar Resimen Mahasiswa Sumbar serta ajang untuk berdiskusi dan shering terhadap program Menwa yang dilaksanakan dimasing-masing kampus.

“Selain itu, setelah apel gabungan ini juga akan diadakan seminar tentang wawasan kebangsaan dan pada Minggu (20/10) dilaksanakan bakti sosial di Danau Cimpago seperti bersih pantai dan dilanjutkan dengan penanaman pohon,” ujarnya. (uki)