Beranda Nasional Arus Balik masih Terasa di BIM

Arus Balik masih Terasa di BIM

273
0
BERBAGI

AP II Catat 233.656 Penumpang Datang dan Berangkat

PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mencatat jumlah penumpang pesawat saat arus mudik Lebaran yang dimulai dari H-10 hingga H+7 melonjak signifikan. Jumlah lonjakan penumpang ini juga lebih tinggi dibanding jumlah yang terjadi pada periode sama di Lebaran 2016. 

”Selama periode H-10 hingga H+7, total penumpang yang datang dan berangkat dari BIM sebanyak 233.656 penumpang, dan pergerakan pesawat termasuk ekstra flight 1.521 flight,” kata juru bicara AP II BIM, Fendrik Sondra kepada Padang Ekspres, kemarin. 

Data tersebut, menurut Fendrik naik sekitar 7,43 persen bagi penumpang dan 0,60 persen peningkatan bagi jumlah penerbangan. “Sementara pada arus mudik Lebaran 2016, kami mencatat jumlah penerbangan yang berlangsung saat itu sebanyak 1.512 flight dengan total penumpang 217.492 orang,” tambah Fendrik. 

Di sisi lain, pihaknya juga menerima sejumlah pengaduan dari calon penumpang yang akan balik pada masa mudik Lebaran tahun ini. Di antaranya kekecewaan penumpang yang ketinggalan pesawat. 

Menurut Fendrik, setelah pihaknya konfirmasi langsung kepada calon penumpang maupun Airlines bersangkutan. Diketahui hampir 90 persen dari penumpang yang ditinggalkan pesawat itu,  disebabkan telat sampai di bandara. 

”Jadi bukan karena proses check in di terminal yang terlalu antre. Pasalnya kami sudah memodifikasi dengan menambah jumlah contoh sehingga antrean di dalam terminal bisa terurai,” jelasnya. 

Langkah lain yang dibuat pihak AP II BIM yakni meminta pihak Airlines untuk bisa memberi pelayanan yang baik pada calon penumpangnya. Kalau check in masih buka untuk penerbangannya, otomatis akan ditunggu sampai boarding. Namun kalau belum di posisi antrean check in, otomatis dianggap telat. 

”Sesuai aturan penerbangan seharusnya para penumpang telah hadir di bandara 2 jam sebelum keberangkatan,” sebut Fendrik lagi sembari mengatakan sampai saat ini dilaporkan arus balik di BIM masih tinggi. 

Sebelumnya, General Manager (GM) AP II BIM, Suparlan menyampaikan Minggu (2/7) lalu merupakan puncak arus balik pada musim mudik Lebaran 2017.  

“Pada hari itu (Minggu, red), jumlah arus balik dan berangkat penumpang di BIM naik signifikan. Totalnya mencapai 16.751 penumpang dengan movement (pergerakan) pesawat sebanyak 92 kali,” ungkap Suparlan. (*) 

LOGIN untuk mengomentari.