Beranda Nasional Barca vs Atl.Madrid, Laga Krusial Menuju Tangga Juara

Barca vs Atl.Madrid, Laga Krusial Menuju Tangga Juara

19
0
BERBAGI

Big match Barcelona vs Atletico Madrid dalam jornada (pekan) ke-33 La Liga Spanyol 2019/2020 akan tersaji, Rabu (1/7) pukul 03.00 WIB nanti di Stadion Camp Nou.

Saat ini, Barcelona sedang dalam persaingan ketat dengan Real Madrid menuju gelar juara. Dengan demikian, laga big match Barcelona vs Atletico Madrid akan menjadi pertandingan hidup mati bagi El Barca untuk meraih gelar Liga Spanyol musim ini.

Laga ini bakal jadi duel krusial bagi Lionel Messi dan kawan-kawan untuk menjaga peluang berebut gelar juara Liga Spanyol dengan seteru mereka, Real Madrid. Madrid saat ini berada di puncak klasemen sementara dengan mengantongi 71 poin. Mereka unggul dua poin atas Blaugrana di peringkat kedua.

Skuat arahan Quique Setien sendiri terpeleset di posisi kedua setelah mereka ditahan imbang Celta Vigo 2-2 di Stadion Balaidos, Sabtu (27/6) waktu setempat.

Pada laga lainnya di pekan 33, Madrid melanjutkan kemenangan. Tim arahan Zinedine Zidane menang 1-0 atas Espanyol di Stadion Cornella de Llobregat, Minggu (28/6) waktu setempat. Itu merupakan kemenangan kelima beruntun sejak Liga Spanyol kembali digelar pada 11 Juni selama pandemi Covid-19.

Atletico Madrid datang ke Camp Nou, punya modal bagus menghadapi tuan rumah Barcelona di laga nanti. Dari 10 pertandingan terakhir, Atletico sama sekali belum pernah terkalahkan. Tim berjuluk Los Rojiblancos itu mencatatkan 6 kali menang, dan 4 kali imbang. Atletico butuh kemenangan untuk mempertahankan posisi ketiga klasemen, agar lolos ke Liga Champions musim depan.

Namun, di lain sisi, Barcelona sendiri bukan lawan yang mudah dikalahkan. Walaupun begitu pasukan Diego Simeone siap mengancam rekor Barca yang belum terkalahkan di kandang sendiri sepanjang musim ini. Dalam 16 pertandingan home di Liga Spanyol, Barcelona meraih 15 kemenangan. Hanya sekali saja mereka gagal mengamankan 3 angka, yaitu ketika ditahan imbang oleh sang pimpinan klasemen sementara LaLiga, Real Madrid dengan skor 0-0.

Persentase kemenangan kandang Barca mencapai 93,75 persen. Saat ini, Barcelona yang punya total 69 angka, tertinggal 2 angka dari Real Madrid. Artinya, jika bisa menekuk Atletico, Barca akan kembali memimpin klasemen Liga Spanyol, walau hanya selama 48 jam. Pasalnya, Los Blancos baru berlaga pada Jumat (3/7/2020) kontra Getafe.

Namun, Blaugrana sedang goyah. Sejak restart Liga Spanyol, pasukan Quique Setien hanya mengoleksi 11 poin, yaitu 3 menang dan 2 seri. Pada Sabtu (27/6) lalu, Barca hanya bermain imbang 2-2 dengan Celta Vigo. Mereka gagal mengamankan 3 angka meski sudah unggul 1-2 hingga 4 menit terakhir laga.

Oleh karenanya, Quique Setien berharap penebusan kegagalan terjadi dalam laga kontra Atletico Madrid. Secara matematis, Barca mesti menyapu bersih 6 laga tersisa, sembari berharap Real Madrid kalah sekali saja dalam kurun waktu yang sama.

“Kami sempat membuat sedikit kesalahan. Secara teori, kami harus memenangkan seluruh pertandingan dan berharap lawan tergelincir. Kami akan mencoba terus mendapatkan poin maksimal,” tutur Setién, dikutip Marca, Sabtu (27/6).

Di sisi lain, dalam laga nanti adalah yang istimewa bagi Antoine Griezmann. Pemain dengan noror punggung 7 ini akan berjumpa dengan mantan klubnya Atletico Madrid. Walau performanya masih saja mengecewakan sejak datang ke Barca. Namun pemain 29 tahun ini bakal dibutuhkan sang pelatih. Paling tidak, Griezmann cukup banyak tahu gaya pemain Atletico Madrid.

Semoga saja, Griezmann bisa menyumbangkan gol bagi Barca di laga nanti.

Sementara itu Atletico Madrid sendiri datang dengan 4 kemenangan beruntun dalam 4 laga terakhir. Bahkan, 2 diantaranya digapai dalam laga tandang, yakni saat melawan Osasuna (0-5) dan Levante (0-1).

Urusan pertahanan, sejak restart Liga Spanyol, Atletico Madrid baru kebobolan 2 kali, sama seperti Barca. Atletico Madrid saat ini ada di uru tan ketiga klasemen Liga Spanyol dengan 58 angka.

Pasukan Diego Simeone berjarak 4 poin dari Sevilla di posisi 4. Meskipun tergolong aman untuk lolos ke UCL musim depan, Atletico Madrid tidak akan lepas tangan saat bertandang ke Camp Nou. Mereka bisa merusak rekor kandang Barca yang istimewa.

“Pertandingan berikut (lawan Barca) akan menjadi sangat sulit, seperti yang selalu kami jalani di Barcelona. Kami perlu persiapan, hingga dapat menjalani laga dengan performa yang terbaik,” ungkap Simeone, dikutip laman resmi klub, Minggu (28/6).

Laga Barcelona kontra Atletico juga akan jadi adu kekuatan lini depan kedua tim. Berdasarkan data Whoscored, Barcelona punya catatan rata-rata tembakan per laga sebanyak 12,9 kali. Mereka berpeluang memasang trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann (MSG) sejak menit awal.

Catatan yang dimiliki Barca tidak jauh berbeda dengan calon lawan. Atletico Madrid mempunyai rerata tembakan sebanyak 12,1 kali setiap penampilan. Untuk lini depan, Atletico Madrid bakal mengandalkan Alvaro Morata dan Joao Felix. Belum lagi Diego Costa yang juga siap untuk diturunkan.

Di sisi lain, duel ini bisa menjadi ujian tersendiri bagi kiper masing-masing klub. Marc-Andre ter Stegen sebagai penjaga gawang Blaugrana sudah kebobolan 33 kali secara keseluruhan, tetapi baru kemasukan 12 kali di Camp Nou.

Sementara, Jan Oblak yang mengawal mistar ?Los Colchoneros baru terbobol 23 kali, 13 di antaranya di partai away. Makanya, laga ini diprediksi akan berlangsung seru. Persaingan, mulai dari strategi sang pelatih, lini belakang, tengah dan depan, akan menentukan hasil laga nanti.

Jika Barcelona kembali gagal menang apalagi kalah dari Atletico di Camp Nou, bisa menjadi angin surga bagi Madrid. Apalagi jika Los Blancos kembali menang saat menjamu Getafe di Stadion Santiago Bernabeu, Jumat (3/7) dini hari WIB.

Selanjutnya, para pemain Barcelona hanya bisa gigit jari melihat Madrid juara saat laga menyisakan satu pertandingan lagi. Asumsinya adalah jika Barca maupun Madrid sama-sama meraih kemenangan beruntun di empat laga berikutnya. (*rgr)