in

Bentrok di Empat Lawang , Jangan Terjadi Lagi

BP/IST
Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli

Palembang, BP

Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli sepakat kejadian di Kabupaten Empat Lawang jangan sampai terjadi lagi.
Dijelaskan Kapolda, kejadian ini, bermula dari seorang warga bernama Sariman di Desa Talang Rebo diancam akan dibunuh oleh delapan orang. Karena itu, Sariman melapor ke Polsek Ulu Musi.
Dari laporan itu, dilakukan penyelidikan dan diketahui bila pelaku pengancaman empat orang. Penyelidikan langsung dilakukan oleh tiga orang anggota polisi Polsek Ulu Musi dipimpin Kanit Reskrim. datang ke Talang Rebo.
Para pelaku dicari sampai Ke Desa Tangga Rasa kemudian bertemu. Ketika hendak ditanya pelaku langsung menusuk dan membacok Kanit Reskrim. Karena Kanit ditusuk, sehingga dilakukan tindakan tegas terhadap Erwan dan Erwin.
“Namun, berita yang tersebar dikalangan warga bila Erwan dan Erwin ditembak polisi. Bukan karena kasus pidananya,” kata Kapolda saat press realese di rumah dinas Kapolda Sumsel, Minggu (4/8).

Mendapat informasi tersebut, warga yang diketahui masih keluarga besar para pelaku ini Datang dari desa tempat Erwin dan Erwan tinggal. Karena masih satu keluarga besar dan memang disampaikan informasi yang salah, membuat satu keluarga besar berkumpul dan mendatangi RSUD Tebing tepat dirawatnya Kanit Reskrim dan juga para pelaku pengancaman.
Keluarga besar dari Erwin dan Erwan, datang menggunakan dua truk mendatangi rumah sakit.
Karena memang sudah dipersiapkan, sehingga ada beberapa orang yang sengaja membawa senjata api rakitan dan senjata tajam jenis parang dan pisau.
Saat tiba, keluarga besar dari Erwin dan Erwan langsung melakukan penyerangan di depan rumah sakit.
Akibatnya dua orang anggota polisi yang berjaga mengalami luka tembak.
“14 orang dalam kasus penyerangan rumah sakit, dengan 12 sajam dan 2 senpi rakitan laras panjang dan satu pistol termasuk peluru tajam. Dalam kasus ini, dari pertemuan yang saya laksanakan di Empat Lawang, kasus ini sepakat akan diproses hukum,” katanya.
Kapolda juga menjelaskan, bila dalam kasus ini bukan bentrok tetapi kasus ini murni karena masalah pidana dan diprovokasi seseorang dari keluarga besar dari Erwin dan Erwan sehingga terjadi penyerangan tersebut.
Menurut Kapolda, keluarga besar dari Erwin dan Erwan dibawa untuk menyerang rumah sakit karena ajakan seseorang dan juga diberikan uang.
Karena, dari barang bukti ditemukan uang yang diberikan seseorang untuk keluarga mereka yang ikut menyerang rumah sakit.
“Ini bukan konflik warga, tetapi hanya sekelompok warga. Karena ada yang menggerakan massa untuk menyerang rumah sakit. Tetapi sekarang kondisi di empat Lawang sudah sangat kondusif dan aman termasuk di rumah sakit tempat diserang,” katanya.
Menurut Kapolda, untuk kasus yang terjadi di Empat Lawang dengan kasus pengancaman atas nama Sariman dengan tersangka Hendi bin Yunus ditangani Polres Empat Lawang.
Kasus penusukan anggota Polsek Ulu Musi dengan tersangka delapan orang ditangani Dirreskrimum Polda Sumsel.
“Penyerangan terhadap rumah sakit Tebing juga ditangani Ditreskrimum dengan tersangka 14 orang dan 10 orang sudah ditahan, sedangkan empat tersangka lainnya masih di rumah sakit. Situasi di Kabupaten Empatlawang saat ini kondisi sudah kondusif. Kondisi pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empatlawang pacsa bentrokan juga sudah kondusif dan pelayanan rumah sakit berlangsung seperti biasa, aktivitas seperti biasa,” kata Kapolda.
Sedangkan Kapolres Empatlawang AKBP Eko Yudi Karyanto mengatakan saat ini kondisi anggota polisi yang mengalami luka sudah membaik, dua orang anggota Briptu Teja dan Bripka Darmawan sudah pulang kerumah namun tetap harus rawat jalan.
Sedangkan dua anggota polisi Ipda Arsan Pajri dan Briptu Agus masih dirawat, kondisinya di observasi, namun demikian berangsur membaik.#osk

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tim boling Indonesia targetkan dua emas di SEA Games 2019

Juara di Brno, Marc Marquez raih kemenangan ke-50