Beranda Kesehatan Diskominfo Mimika mulai bangun media center

Diskominfo Mimika mulai bangun media center

43
0
BERBAGI

Timika (ANTARA) – Jajaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mimika tahun ini mulai membangun media center yang berlokasi di bekas Kantor Diskominfo Mimika, Jalan C Heatubun, Kelurahan Kwamki Baru Timika untuk menyambut perhelatan PON XX tahun 2020.

Kepala Diskominfo Mimika Dionisius Mameyau di Timika, Kamis, mengatakan pengadaan peralatan media center seperti komputer, jaringan internet dan lainnya dilakukan tahun ini sehingga diharapkan sudah siap sebelum pelaksanaan PON XX pada 20 Oktober – 2 November 2020.

“Kami harapkan sebelum penyelenggaraan PON XX semua fasilitas pendukung media center khusus untuk Sub PB PON Papua Klaster Timika sudah siap seluruhnya. Kalaupun masih ada yang kurang, kami akan meminta bantuan ke Kementerian Kominfo,” jelas Dionisius.

Selain menyiapkan media center, Kominfo Mimika juga akan menyiapkan ‘Command Center’ yang akan menggunakan ruangan pers di Kantor Pusat Pemerintahan Karang Senang SP3 Timika.

Fasilitas Command Center itu nantinya akan terhubung dengan CCTV yang akan terpasang di seluruh venue penyelenggaraan PON XX di Timika serta CCTV yang dipasang di jalan-jalan utama pusat Kota Timika.

“Seluruh CCTV yang akan dipasang di semua venue dan pusat kota akan dikontrol langsung dari ruang Command Center di Kantor Pusat Pemerintahan Mimika. Ini sekaligus untuk membantu penyelenggara PON guna pengamanan atlet dan oficial maupun pihak kepolisian untuk mengungkap pelaku kriminalitas di Kota Timika,” ujar Dionisius.

Tahun ini, Kominfo Mimika berencana membeli sebanyak 13 unit CCTV dan sisanya akan dianggarkan pada 2020 sehingga akan mencapai 100 CCTV di berbagai titik di Kota Timika.

“Untuk venue yang berskala besar seperti Mimika Sport Compleks ada beberapa CCTV yang akan dipasang di bagian dalam dan luar gedung, terutama di halaman parkir kendaraan,” jelasnya.

Dionisius mengatakan dengan penambahan fasilitas CCTV dan jaringan teknologi informasi yang akan dibangun di Kota Timika itu maka ke depan Timika sangat siap menjadi kota berbasiskan teknologi informasi sehingga dapat memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi warga setempat.

Wakil Ketua KONI pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno selaku Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasra) PON XX Papua saat meninjau kesiapan sejumlah venue di Timika belum lama ini mengatakan terdapat sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Timika saat PON XX, antara lain golf, atletik, bola tangan, judo, futsal, panjat tebing, dan tenis meja. Adapun jumlah keseluruhan cabang yang akan dipertandingkan pada PON XX di Provinsi Papua sebanyak 47 cabor.

Khusus di Timika, jumlah atlet yang akan bertanding saat PON XX nanti sebanyak 1.297 orang ditambah ofisial sekitar 500-an orang belum termasuk cabang olahraga biliar.

Suwarno juga meminta Pemkab Mimika selaku Sub PB PON XX Papua agar membenahi fasilitas Stadion Sepakbola Wania Imipi SP1 yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan babak penyisihan cabang olahraga sepakbola PON XX.

“Yang harus segera diperbaiki yaitu Stadion SP1 karena akan digunakan untuk babak penyisihan sepakbola, mungkin untuk enam kali pertandingan. Ini butuh kerja keras dari Pemda,” ujarnya.

Selain Timika, kota-kota penyelenggara PON 2020 di Provinsi Papua yaitu Kota dan Kabupaten Jayapura, Biak, Merauke dan Wamena Kabupaten Jayawijaya.

Baca juga: Kluster Biak siapkan venue enam cabang olahraga PON 2020

Baca juga: Pemkab Jayapura siapkan dua jalur transportasi ke bandara

Pencanangan 730 hari menuju PON 2020

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019