in

Dukung MA Wujudkan Peradilan Bersih, Adil, dan Bermartabat

Sistem dan proses hukum yang terpercaya menjadi fondasi utama negeri ini agar dapat bertransformasi menjadi negara maju. Harapannya kepastian dan penegakan hukum yang adil akan  terbentuk di masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah terus mendukung langkah-langkah pembenahan dan peningkatan kualitas lembaga peradilan di Indonesia. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung (MA) Tahun 2017 di Jakarta Convention Center, Kamis (1/3/2018).

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas inovasi, capaian, dan kinerja Mahkamah Agung yang terus meningkat. Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat tajam dan keadilan yang dirasakan masyarakat yang terus membaik,” ujarnya.

Pencapaian MA yang membaik di antaranya ditunjukkan dengan kecepatan dalam memutus perkara yang meningkat tajam, tingkat kepuasan pihak yang berperkara yang sangat tinggi, serta akuntabilitas yang meningkat dengan meraih status wajar tanpa pengecualian.

Selain itu, untuk menjadikan MA sebagai badan peradilan yang transparan, profesional, dan terpercaya, sejumlah perbaikan lain untuk beradaptasi dengan perubahan zaman juga dilakukan.

“Modernisasi sistem penyetoran biaya perkara, pencanangan beberapa sistem berbasis elektronik, dan penyempurnaan standarisasi klasifikasi perkara serta terobosan-terobosan positif lain yang dilakukan MA,” ungkap Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden turut menyampaikan harapannya bagi lingkungan MA untuk membantu dalam melahirkan hakim-hakim muda yang jujur, berintegritas, dan mendapat kepercayaan dari para pencari keadilan dan dunia internasional.

“Proses seleksi calon hakim yang sangat transparan dan akuntabel adalah modal yang sudah tersedia. Ada panitia seleksi nasional yang kredibel, pelaksanaan seleksi diawasi oleh tim pengawas, serta kualitasnya dikontrol langsung oleh tim quality assurance,” ujarnya.

Dengan modal awal tersebut, ia percaya bahwa MA akan dapat meningkatkan kredibilitas dan transparansi badan peradilan sekaligus meningkatkan kualitas dan kepemimpinannya.

Video: Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2017, Jakarta, 1 Maret 2018

What do you think?

Written by Julliana Elora

Gubernur Diminta Segera Pergubkan APBA 2018

Ketua MPR Dengarkan Curhat Mahasiswa