in

Garuda operasikan penerbangan langsung Jakarta-London

Tangerang (ANTARA Sumsel) – Maskapai nasional Garuda Indonesia pada Selasa resmi mengoperasikan penerbangan langsung atau nonstop Jakarta-London pulang pergi.

Peresmian penerbangan nonstop Jakarta-London tersebut ditandai dengan pelepasan penerbangan GA 086 Jakarta-London turut disaksikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury mengatakan pengoperasian layanan penerbangan nonstop Jakarta-London tersebut sejalan dengan program restrukturisasi jaringan penerbangan, sekaligus sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa.

Penerbangan nonstop tersebut merupakan bagian dari upaya Garuda Indonesia untuk menghadirkan konektivitas tanpa batas (seamless connectivity) kepada para pengguna jasa ke Inggris Raya melalui layanan penerbangan nonstop tercepat antara Jakarta dan London dengan durasi penerbangan di bawah 15 jam.

“Dengan dioperasikan layanan ini, maka Garuda Indonesia akan menjadi satu-satunya maskapai yang memiliki layanan penerbangan nonstop tercepat, nyaman, dan efisien dari Indonesia ke UK dan Eropa. Operasional penerbangan nonstop ini juga merupakan upaya kami untuk mengoptimalisasikan jaringan penerbangan sesuai program restrukturisasi rute yang tengah dilaksanakan perusahaan,” ujarnya pula.

Menurut Pahala, penerbangan nonstop Jakarta-London PP telah menjadi prioritas utama perusahaan sejak dibuka kembali rute penerbangan tersebut, terlebih lagi sejak beroperasi Terminal 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang kini telah menjadi hub utama Garuda Indonesia untuk perjalanan internasional dan domestik.

“Kami ingin memperkenalkan layanan nonstop ini tidak hanya untuk mencerminkan profil Jakarta yang berkembang sebagai hub untuk perjalanan internasional dan domestik, tetapi juga sebagai layanan baru yang memungkinkan para pengguna jasa dari UK maupun anggota frequent flyers yang tergabung di aliansi SkyTeam untuk mendapatkan konektivitas yang lebih baik ke lebih banyak destinasi,” ujar Pahala.

Dia menambahkan, layanan penerbangan nonstop Jakarta-London tersebut juga merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memaksimalkan potensi perjalanan wisatawan Indonesia menuju London sebesar 58 persen kunjungan market Indonesia ke London adalah untuk melakukan kegiatan liburan (leisure).

Selain itu, operasional penerbangan nonstop Jakarta-London PP juga akan semakin memudahkan akses bagi penumpang dari wilayah Inggris menuju kawasan Asia Pasifik, terutama pada destinasi-destinasi yang menjadi bagian dari Rute Kanguru, seperti Melbourne, Sydney, dan Perth.

Rute penerbangan Jakarta-London PP terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per minggu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari 8 kursi first class, 38 kursi business class, dan 268 kursi economy class.

Penerbangan nonstop Jakarta-London berangkat dari Jakarta pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086, dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan London-Jakarta berangkan dari Bandara Heathrow, London pukul 04.55 waktu setempat, dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul 18.55 waktu setempat.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta menuju London Heathrow melalui perhentian (transit) di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta Jakarta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

What do you think?

Written by Julliana Elora

BERITAPAGI – Rabu, 1 November 2017

Irwan ST, Siap Dukung Dodi Reza Alex