Beranda Nasional Guru SD Terpilih Jadi Kades

Guru SD Terpilih Jadi Kades

148
0
BERBAGI

Bupati OKI Iskandar SE melantik dua kades di Desa Lebung Gajah, Kecamatan Tulung Selapan.

Kayuagung, BP–Melalui pemilihan dan musyawarah desa, seorang guru SD terpilih menjadi Kepala Desa. Yakni Kades Tanjung Batu, Kecamatan Tulung Selapan, Daryono S.Pd, sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW), lantaran menggantikan Zaidi yang sebelumnya meninggal dunia. Selain Daryono, ikut dilantik pula kades terpilih dalam Pilkades Juli 2017 lalu yakni Kades Lebung Gajah, H Tamin, di Desa Lebung Gajah, Kecamatan Tulung Selapan, Senin (2/10).

Lantik enam kades di Kecamatan Pampangan.

Dilantik pula Selasa (3/10), enam kades lainnya di Kecamatan Pampangan. Yakni Daud, Kades Ulak Kemang, Dedi Sirli Kades Ulak Kemang baru, Romdim Kades Ulang Pianggu,  A Rafik Kades Pulau Layang, Habib Kades Kuro dan Ediyanto Kades Manggaris. “Mereka kades terpilih pada pilkada serentak pada Juli 2017. Selanjutnya menjabat enam tahun sejak pelantikan. Khusus untuk Kades PAW berakhir pada

2021 mendatang karena menggantikan kades sebelumnya yang dilantik pada 2015 lalu,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Nursula S.sos.

Delapan dilantik langsung oleh Bupati OKI H Iskandar SE di Desa Lebung Gajah, Senin (2/10) untuk kecamatan Tulung Selapan dan di Desa Ulak Kemang di Kecamatan Pampangan.

Dalam pelantikan  tersebut, bupati menyampaikan agar para kades membangun desa dengan sebaik- sebaiknya. Mengenai permasalahan jalan, diungkapkan bupati pihaknya telah berupaya melakukan bahkan sejaknl tahun 2014 lalu. Namun memang intensitas yang tinggi dan geliat ekonomi menyebabkan jalan mudah rusak. Sambung bupati, selain sektor jalan, pemerintah juga memperhatikan sektor lainnya seperti pendidikan dan listrik. “Sehingga dengan anggaran yang ada serta adanya pemangkasan selama 3,5 tahun upaya menuntaskan masyarakat di wilayah lain yang belum tercicipi listrik, kini bisa terang,” ungkapnya dihadapan masyarakat.

Ditambah lagi, pembangunan Paud, SD dan SMP yang semuanya tersebut memerlukan biaya yang cukup besar. “Namun masalah jalan di wilayah Selapan, tetap diperhatikan. Contohnya saat ini kembali dilakukan pembangunan jalan,” tukasnya.

Sementara Kades Tanjung Batu, Daryono menambahkan bahwa dirinya terpilih menjadi kades atas kehendak masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan berupaya mengemban tugas dan amanh dengan sebaik- baiknya.

Dalam pelantikan tersebut, dihadiri ribuan warga di di dua tempat berbeda tersebut yakni Tulung Selapan dan Pampangan yang antusias menyambut kedatangan bupati dan rombongan. #ros