Beranda Nasional Hermann Tilke Tinjau Sirkuit MotoGP Palembang

Hermann Tilke Tinjau Sirkuit MotoGP Palembang

258
0
BERBAGI

Palembang, BP

Konsultan asal Jerman, Hermann Tilke, yang mendesain sirkuit MotoGP dipastikan akan segera datang kembali ke Palembang pada Januari 2017. Kedatangan Tilke untuk meninjau lokasi sirkuit di Jakabaring.

“Januari ini Hermann Tilke akan datang kembali ke sini (Palembang-red),” ungkap Gubernur Sumsel H Alex Noerdin saat ditemui di Pemprov Sumsel, Senin (16/1).

Menurut dia, pembangunan sirkuit akan menelan dana sebesar 36 juta euro atau sekitar Rp600 miliar dan dana tersebut hanya untuk lintasannya saja. Sejauh ini, untuk investor-nya tak perlu dikhawatirkan. “Sebab investor sudah banyak yang berebut,” singkat Gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumsel Basyaruddin Akhmad  menambahkan, pada Maret 2017 mendatang Sirkuit MotoGP di Jakabaring akan mulai dibangun. Saat ini dalam proses pembuatan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED), serta Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

Dikatakan dia, Hermann Tilke rencananya akan datang ke Kota Palembang untuk melakukan pemantauan lapangan pada 24-26 Januari mendatang.

“Kami masih menunggu DED yang dibuat oleh Hermann Tilke. Rancangan sudah diajukan September lalu. Rencananya, DED akan selesai pada Februari 2017 mendatang,” jelasnya.

Apabila DED sudah selesai, maka pihaknya dapat mengetahui jumlah yang dibutuhkan untuk pembangunan lintasan, termasuk sarana dan prasarana pendukung. Perhitungan awal, biaya total yang dibutuhkan untuk pembangunan sekitar Rp1 triliun.

Diketahui, sirkuit balap motor bergengsi yang bakal dibangun di atas lahan seluas 120 hektar di Jakabaring milik Pemprov Sumsel akan memiliki lintasan sepanjang 4,31 kilometer. Di mana ideal panjang lintasan itu 4,27 kilometer.

Sirkuit tersebut juga akan memiliki 14 tikungan, yang terdiri dari lima tikungan ke kanan dan sembilan tikungan ke kiri. Selain itu juga terdapat trek lurus sepanjang 750 meter, yang bisa memacu kecepatan hingga 303 kilometer per jamnya dengan rata-rata kecepatan seluruh trek yang ada 171 kilometer per jam.

Sedangkan lebar lintasan sepanjang 12 meter. Namun, untuk lintasan di start atau finish lebih lebar dua meter, yakni 14 meter. Lalu, Sirkuit MotoGP Palembang nantinya terdapat sembilan tribun yang mampu menampung 130 ribu penonton dan administrasi.

Di dalam sirkuit tersebut nantinya ada beberapa ruangan, sepeti ruang media, winner podiom, vip lounge, brefing driver, kitchen, paddock area, welcome center ticketing, parking, medical center, pilt building, main grandstand, CIK karting area, workshop area general adminiasion dan beberapa ruang lainnya. Orio