in

Hewan Kurban Meningkat, Kupon Harus Merata

Prioritaskan Daging untuk Fakir Miskin

Perayaan Idul Adha adalah momentum ditunggu-tunggu seluruh umat Islam, termasuk kaum dhuafa dan fakir miskin. Jika tidak pernah menyantap daging sapi pada hari biasa, di hari besar 1438 H ini, mereka mendapat jatah daging gratis tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya kaum dhuafa dan fakir miskin mendapatkan prioritas, dalam pembagian daging kurban. Hal ini juga menjadi anjuran agama Islam.

”Kami minta seluruh panitia kurban di Sumbar mendistribusikan daging kurban dengan baik. Jika ada masjid atau mushala dengan stok daging banyak, hendaknya juga berbagi dengan masyarakat lain,” ingat Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, usai shalat Idul Adha di halaman Kantor Gubernur bersama Wakil Gubernur, Kapolda, Kakanwil Kemenag dan jajaran OPD dilingkup Pemprov Sumbar, kemarin (1/9).

Irwan juga meminta pengurus masjid dan musala agar teliti dalam membagikan daging kurban. Jangan sampai pembagian kupon yang dijadikan alat pengambilan daging oleh masyarakat, tidak merata. 

Jangan sampai ada warga yang mendapat jatah lebih, tapi di sisi lain banyak warga yang belum mendapatkan jatah daging. ”Ini perlu sekali. Jangan sampai ada warga yang berkecil hati. Terpenting lagi, jangan sampai ada pula warga miskin yang tidak mendapat jatah daging kurban,” tegas Gubernur.

Jumlah hewan kurban di Sumbar berbeda jauh dari prediksi Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Erinaldi yang mengklaim beberapa hari sebelum Idul Adha mencapai 35 ribu lebih, dan menurun dibandingkan tahun 2016.

 Hal ini disebabkan hari raya berdekatan dengan tahun ajaran baru. “Presentasenya tidak naik signifikan. Tapi, lumayan meningkat dari tahun lalu. Ini tandanya kepedulian masyarakat semakin tinggi,” tambah Irwan Prayitno.

Peningkatan jumlah hewan kurban ini juga dibenarkan Ketua Panitia Penyelenggara Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Ali Asmar. Menurutnya, jumlah kurban di 19 kabupaten/kota mencapai 40.419 ekor, sedangkan tahun lalu hanya 40.388 ekor. Rinciannya 452 ekor kerbau, 35.258 ekor sapi dan 4.709 ekor kambing. 

Kapolda Berkurban

Sementara itu, setelah shalat Hari Raya Idul Adha di Masjid Nurul Ikhlas Aspol Jati pada Jumat pagi (1/9), Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal memberikan bantuan sapi kurban ke Musala Al Ikhlas Palopasa, Koronggadang, Kuranji Padang. Bantuan diterima Ketua Pengurus Mushalla tersebut Amrizal Rengganis.

Amrizal yang juga Ketua Seksi bidang Politik dan Pemerintahan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar juga menerima bantuan sapi kurban dari Kapolda untuk PWI Sumbar. Penyerahan sapi kurban disaksikan seluruh pejabat utama Polda Sumbar. 

Tahun ini, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal sebagai putra ranah Minang memberikan bantuan 11 ekor sapi kurban dan 5 ekor kambing kepada masyarakat. Selain itu, jajaran Polres di wilayah Polda Sumbar juga memberikan total 40 ekor sapi.

“Saat ini, ada tiga sapi yang saya bagikan kepada warga, dua di antaranya kepada PWI Sumbar dan Musala Al-Ikhlas Palopasa Kuranji. Semoga sapi-sapi ini bermafaat bagi orang-orang yang membutuhkan,” ungkapnya.

Ketua Pengurus Musala Al-Ikhlas Palopasa Koronggadang Amrizal Rengganis mengungkapkan, dia atas nama warga Koronggadang Kuranji berterima kasih kepada Kapolda Sumbar atas bantuan satu sapi kurban kepada mushalla setempat. “Alhamdullilah, Sabtu besok (hari ini, red) semua sapi kurban akan disembelih, disaksikan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah,” ujar Amrizal Rengganis.

Dijelaskannya, sapi kurban tahun ini di musala tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu. “Sekarang saja sudah ada sembilan ekor sapi. Tahun lalu baru enam ekor sapi. Kami sebagai pengurus mushalla mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumbar, Dharmawanita Pusat Jakarta, Ikatan Keluarga Minang Papua, wali kota Padang dan masyarakat atas bantuan sapinya berkurban di musala kami,” ungkapnya.

Menurut Amrizal, baru kali ini Kapolda Sumbar memberikan bantuan sapi kurban, baik kepada musala tersebut maupun PWI Sumbar. “Sebagai urang awak, Kapolda Sumbar ini sangat perhatian kepada masyarakat dan daerahnya,” kata Amrizal.

Perdana, PWI Berkurban

Di tempat terpisah, PWI Sumbar untuk pertama kali melakukan penyembelihan hewan kurban, Jumat (1/9). Tidak kurang dari 150 kupon dibagi-bagikan kepada warga yang berhak menerima, para wartawan yang sudah purna bakti dan masyarakat sekitar kantor PWI Sumbar, Jalan Bagindo Aziz Chan Padang. 

Penyembelihan hewan kurban dimulai setelah shalat Ied di halaman belakang kantor PWI Sumbar. Kemudian para pekerja termasuk kalangan wartawan, ibu-ibu IKWI memasak sebagian daging untuk dijadikan makan siang bersama. 

Makan siang ini membuat suana penuh keakraban antara wartawan senior dengan yang masih aktif.  Di antaranya ada yang sudah berumur 77 tahun seperti Galib Sulaiman, Papa Rusli Marzuki Saria, Hendry Murphy, Nasrul Jalal, Suhasril, Alwi Karmena, Imral Mansyur, dan sejumlah janda wartawan, bahkan anak-anak wartawan terlihat berbahagia bisa silaturahim. 

Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengatakan, sumbangan hewan kurban dari mitra PWI, Kapolda Sumbar, PT Semen Padang membawa berkah dari kalangan wartawan. “Kita akan jadikan ini momen rutin tiap hari raya Idul Adha,” ujar Heranof.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban, Jayusdi Effendi menyebutkan, semua kantong dibagikan dengan tertib dan cepat. Hingga selesai shalat Ashar, semuanya 150 kupon terbagi kepada penerima. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Negara Harus Malu

Sejumlah Masjid/Mushala Sembelih Hewan Kurban Hari Ini