in

Jokowi: “Suku yang Saya Ingat, Suku Gayo…”

Jokowi di Bener Meriah (Foto Netralitas)

ACEHTREND.CO, Sibolga – Presiden Joko Widodo menyebut Suku Gayo sebagai salah satu suku yang diingatnya. Selain Suku Gayo, Jokowi juga menyebut nama beberapa suku lainnya.

“Suku yang saya ingat, Suku Gayo, Suku Batak, Suku Sasak, Suku Minang, Suku Dayak, Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Betawi, yang paling ujung timur Suku Asmat, Suku Bugis, dan yang lain-lainnya,” sebut Jokowi.

Presiden mengigatkan bahwa Indonesia terdiri atas 714 suku dan 1.100 bahasa daerah. Menurut Jokowi keanekaragaman bangsa ini yang harus terus ditanamkan kepada masyarakat.

Untuk itu Jokowi berpesan untuk menghindari konflik horizontal, seperti antarsuku atau antaragama. Keberagaman suku, agama, dan bahasa, kata Kepala Negara, justru harus jadi kekuatan NKRI.

“Saya hanya ingin titip ini mumpung pas di Sumatera Utara, ingin mengingatkan semuanya bahwa bangsa kita terdiri dari macam-macam suku dan agama, bermacam-macam ras,” ungkapnya.

“Ini ada sebuah kekuatan besar, sebuah potensi besar, tetapi kalau kita tidak bisa menjaga dan merawat, ada gesekan, ada pertikaian, itulah yang harusnya yang awal-awalnya kita ingatkan,” ujar Jokowi.

Agama dan Politik
Presiden Joko Widodo juga meminta semua pihak memisahkan persoalan politik dan agama. Menurut Presiden, pemisahan tersebut untuk menghindari gesekan antarumat.

“Memang gesekan kecil-kecil kita ini karena pilkada, karena pilgub, pilihan bupati, pilihan wali kota, inilah yang harus kita hindarkan,” kata Presiden saat meresmikan Tugu Titik Nol Peradaban Islam Nusantara di Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (24/3/2017), seperti dikutip Antara.

Dalam pertimbangan Presiden, karena rentan gesekan itulah, ia meminta tidak ada pihak yang mencampuradukkan politik dan agama.

“Dipisah betul, sehingga rakyat tahu mana yang agama, mana yang politik,” kata Jokowi.

Presiden meminta kepada pemuka agama untuk mengingatkan para umatnya tentang keragaman yang harus dirawat agar tidak menimbulkan perpecahan.

“Para ulama agar disebarkan, diingatkan, dipahamkan pada kita semua, bahwa kita ini memang beragam, anugerah yang diberikan Allah bahwa kita beragama,” kata Jokowi. []

Komentar

What do you think?

Written by virgo

Situs Warisan Dunia UNESCO Kembali Terancam

Pasar Burung Pramuka Disemprot Disinfektan