Beranda Nasional Kantin SDN 1 Pulau Balai Terbakar

Kantin SDN 1 Pulau Balai Terbakar

27
0
BERBAGI

Jumat, 17 Mei 2019 11:26 WIB

SINGKIL – Kantin Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Pulau Balai yang berlokasi di Desa Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Kamis (16/5) sekitar pukul 17.15 WIB, terbakar. Api sempat merembes ke atap ruang guru dan ruang kelas sebelum berhasil dipadamkan.

Kebakaran itu mengejutkan warga yang sedang melakukan persiapan buka puasa. “Kebakaran terjadi di SD Negeri 1 Pulau Balai. Kantin ludes, ruang kantor bagian atap dan ruang kelas setengah,” kata lapor Camat Pulau Banyak, Mukhlis, kepada Prohaba, via sambungan telepon seluler, kemarin.

Menurutnya, pemadaman bangunan yang terbakar itu dilakukan warga secara manual menggunakan perlengkapan seadanya. Sebab, kata Camat, di Kepulauan Banyak belum tersedia mobil pemadam kebakaran.

Sementara itu, Sekretaris Satgas SAR Kepulauan Banyak, Yudistira mengatakan, dugaan awal api berasal dari korslet listrik dari gedung kelas ke kantin. Menurutnya, kebakaran itu pertama kali diketahui warga yang kebetulan melintasi kawasan tersebut. 

Lalu, warga bersama Muspika Pulau Banyak, Keuchik, dan Satgas SAR Kepulauan Banyak berusaha memadamkan api menggunakan mesin pompa air dan secara manual menggunakan ember. Walau dengan perlengkapan seadanya, beberapa saat kemudian api berhasil dipadamkan.

Hal itu tak lepas dari keberanian sejumlah warga yang naik ke atap kemudian menyiramkan air dengan ember ke bangunan yang terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Dalam kantin yang terbakar itu hanya ada lemari yang berisi peralatan makan, buku-buku lama, layar proyektor, dan penampung air. Sedangkan kompor dan peralatan elektronik sudah dikeluarkan dari kantin itu beberapa waktu lalu karena sekolah sedang libur. “Tidak ada korban jiwa, kerugian sedang didata,” ujar Yudistria.(de)