Beranda Nasional Kawin Suntik Ternak Gratis

Kawin Suntik Ternak Gratis

308
0
BERBAGI

Jika Ada Pungutan Laporkan ke Tim Saber Pungli

Pemkab Dharmasraya memastikan pemberian insiminasi buatan (IB) atau kawin suntik bagi peternak gratis. Jika ada petugas memungut biaya dilaporkan ke Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang telah dibentuk.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya Darisman saat sosialisasi di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kotobaru, Jumat (10/2) lalu eidampingi Kepala Bidang Peternakan Dodi  Sandra Syam. Darisman menegaskan, tidak ada lagi alasan petugas memungut biaya pada masyarakat. 

Sebab semua bentuk pelayanan sudah ditanggung Pemkab termasuk untuk pulsa petugas pelaporan bidang peternakan. “Saat ini  di Dharmasraya untuk insiminasi buatan gratis. Jumlah insiminasi buatan yang disediakan  sebanyak 19.000,” katanya.

Dia tak menutup mata, sebelumnya masyarakat dimintai uang setiap kali suntik Rp 50.000 sampai dengan Rp 100.000. “Tahun ini gratis, bahkan pemeriksaan kehamilan ternak  juga gratis,” katanya.

Dia menegaskan, tidak ada lagi alasan bagi petugas untuk meminta bayaran kepada masyarakat. Jika hal tersebut masih dilakukan dan ada buktinya, yang bersangkutan akan diproses sesuai aturan yang berlaku.

Untuk diketahui, petugas yang melakukan IB  tersebut justru diberi uang insentif Rp 30 ribu per  satu insimidasi buatan. Bahkan  untuk membuat laporan setiap hari tentang perkembangan IB tersebut, petugas juga dibantu uang pulsa sebesar Rp 50 ribu setiap bulan. 

Kepada masyarakat juga diharapkan agar berperan aktif dalam mengawasi  dan mengontrol pelaksanaaan IB tersebut. Jika masih ada yang ”bermain” segera laporkan.

Bahrum  dari Tim Saber Pungli yang sehari-hari bertugas sebagai auditor pada Inspektorat Dharmasraya  mengingatkan kepada seluruh jajaran Dinas Pertanian meninggalkan budaya mencari kekayaaan pada setiap pelayanan yang diberikan pada masyarakat.

Sosialisasi IB gratis dari Dinas pertanian tersebut langsung disambut antusias warga. Irwandi, 43, salah seorang peternak sapi warga Pulaupunjung mengaku senang dan gembira  dengan adanya sosialiasi penggratisan IB bagi hewan ternak milik warga tersebut. (*)

LOGIN untuk mengomentari.