Beranda Nasional Kini Pakai Whatsapp Bisa Bikin Paspor

Kini Pakai Whatsapp Bisa Bikin Paspor

361
0
BERBAGI

tanjungpinang pos –  banyak masyarakat Batam yang belum mengetahui perkembangan teknologi dalam pengurusan paspor di kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Batam. Sebenarnya Mengurus paspor bisa melalui whatsapp yang telah diluncurkan 19 Juni 2017 lalu.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam meningkatkan layanan lewat aplikasi WhatsApp (LAW) untuk merespon keluhan masyarakat di kota Batam dalam masalah antrean paspor yang sering dimanfaatkan pihak-pihak tak bertanggung jawab. Kemudahan pengurusan paspor via whatsapp membuat masyarakat tidak lagi antri konvensional di kantor imigrasi di Batam Center tepatnya di depan kantor DPRD Batam.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam Lucky Agung Binarto mengatakan ini merupakan layanan antrian berbasis aplikasi pertama di Indonesia sejak diluncurkan pada 19 Juni 2017. “Pengurusan paspor via whatsapp ini sudah memecahkan masalah yang ada. Sekarang tidak ada lagi antrian konvensional yang ribet dan menyita banyak waktu.

Dengan layanan antrian paspor via whatsapp ini masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau perpanjang dapat mendaftarkan diri dengan cara mengirimkan pesan ke via whatsapp ke nomor 082288862017 pada jam pelayanan 07.30-10.00 Wib.

Tata cara pendaftaran dengan mengirimkan data diri mengetik #Nama#TGL Lahir#Alamat+Foto E-KTP. Khusus untuk anak-anak ketik #Nama#TGL Lahir#Alamat+Foto Akte Lahir. ” Sekarang mudah kan masyarakat tinggal mendaftar melalui whatsapp di rumah,” katanya. Setelah dikirim nantinya masyarakat akan mendapatkan balasan mengenai nomor antrian waktu serta dokumen apa saja yang harus dibawa. Setelah mendapatkan jawaban masyarakat harus datang 30 menit sebelum waktu yang ditentukan.

Layanan antrian lewat WhatsApp menurut dia telah memecahkan persoalan antrian yang sering dikeluhkan masyarakat selama ini. Apalagi dengan sistem tersebut masyarakat tak perlu datang dini hari lagi hingga memanfaatkan jasa calo antri. “ Dengan aplikasi ini pun masyarakat tak perlu beli nomor antrian,” kata dia.

Kepala Bidang Komunikasi dan Sarana Informasi Keimigrasian (Lalintuskim) Freddy M Pasya “ Layanan ini tak berlaku untuk mengurus paspor hilang rusak maupun pergantian data. admin akan mengirimkan balasan nomor antrian waktu serta dokumen apa saja yang harus dibawa oleh pemohon. Setalah itu pemohon ke kantor Imigrasi 30 menit sebelum waktu pelayanan serta memperlihatkan pesan jawaban ke petugas keamanan lalu menuju loket pra permohonan untuk dicek kelengkapan dokumen pemohon. jelas freddy

” Tapi kendala kami banyak masyarakat yang mengirim pesan tidak sesuai format contoh menanyakan harga Mohon maaf pesan itu tidak akan dibalas karena tidak sesuai format,” pungkasnya.

Inovasi Layanan antrian lewat aplikasi WhatsApp (LAW) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam merupakan yang pertama di Indonesia. Layanan ini telah direncanakan juga pada kantor-kantor Imigrasi lain seperti di Jakarta pusat Bogor dan Tangerang dengan jumlah pemohon paspor cukup tinggi.

“Kami hanya minta agar masyarakat mengikuti aturan agar dilayani dengan maksimal,” ujar Freddy. Tercatat jumlah pemohon paspor di kantor Imigrasi Batam setiap hari diatas 500 pemohon. Untuk itu Imigrasi Batam telah memperhitungkan jumlah konter yang tersedia petugas pelayanan dan estimasi waktu wawancara setiap orang.