in

LIPI Dorong Civitas Akademika ITM Berinovasi

MEDAN (Berita) : Staf Balai Pengembangan Instrumentasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Arjon Turnip mendorong civitas akademika Institut Teknologi Medan (ITM) melakukan inovasi berbasis riset.

“Perguruan tinggi berperan strategis sebagai pusat riset dan inovasi, yang dapat berkontribusi dalam pembangunan perekonomian Indonesia yang berdaya saing, Untuk itu kita berharap agar civitras akademika di ITM ini mampu melahirkan inovasi yang berbasis riset dan penelitian,” kata Dr Arjon Turnip, Senin (12/2) di kampus ITM Jalan Gedung Arca Medan.

Menurut Arjon, para dosen dan mahasiswa ITM perlu melakukan inovasi-inovasi dan jangan takut untuk melakukan penelitian. Sebab kesalahan itu merupakan biasa dan harus terus mencoba serta tidak pantang menyerah dalam melakukan inovasi.

Disebutkannya, riset yang berujung pada inovasi menjadi sangat penting agar bisa dimanfaatkan bagi masyarakat dan dunia industri atau usaha, karena bisa mendongkrak kebutuhan para periset maupun lembaga. Pada ceramah LIPI yang diselenggarakan Persatuan Insiyur Indonesia (PII) Elektro ITM, para civitas akademika memperoleh motivasi dari pakar penelitian LIPI

Rektor ITM Dr Mahrizal Masri MT diwakili Wakil Rektor I Dr Hermansyah Alam ketika membuka kegiatan itu mengharapkan dengan para civitas akademika bisa menambah wawasan dan keilmuannya terutama berkaitan dengan masalah-masalah penelitian yang berkembang sekarang ini.”Ilmu Pengetahuan dan teknologi di dunia berkembang semakin pesat dengan menampilkan inovasi -inovasi yang serba canggih,” katanya.

ITM sebagai lembaga pendidikan tinggi di bidang teknologi, Rektor mengharapkan para staf pengajar (dosen) di lingkungan ITM mampu menghasilkan berbagai inovasi-inovasi yang terbarukan.

“Kita merasa bangga karena banyak hasil karya dosen ITM turut ditampilkan diberbagai ajang pameran pendidikan tinggi dan juga menjalin kerjasama dengan pemkab/kota di Sumatera utara dalam penelitian.

Pada kesempatan itu, Hermansyah Alam mengucapkan terima kasih kepada Arjon Turnip yang memberikan motivasinya di kampus ITM. Dengan hadirnya pakar LIPI ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa dan dosen ITM mendapatkan pengalaman bidang penelitian yang dimilikinya. (aje)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Indonesia Negara Besar, Jangan Merasa Inferior

Pemko Medan Dukung Angkutan Online