Beranda Nasional LKBN Antara dan BRI perkuat sinergi antar-BUMN di Sumatera Selatan

LKBN Antara dan BRI perkuat sinergi antar-BUMN di Sumatera Selatan

42
0
BERBAGI

Palembang (ANTARA) – Perum Lembaga Kantor Berita Antara dan Bank BRI memperkuat sinergi antar-BUMN di Sumatera Selatan untuk meningkatkan performa masing-masing perusahaan dalam menjalankan fungsi pelayanan ke masyarakat.

Kepala Biro Antara Provinsi Sumatera Selatan Indra Gultom mengatakan LKBN Antara sebagai lembaga negara saat ini diberikan kewajiban oleh negara untuk melayani publik melalui pemberitaan (public service obligation/PSO).

“Selama ini berita-berita PSO itu kurang diminati atau bahkan ditinggalkan oleh lembaga media yang dikelola pihak swasta, di sinilah peran Antara untuk tetap menjaga citra negara bahwa negara itu sebenarnya telah banyak berbuat untuk rakyatnya,” kata Indra ketika beraudiensi dengan Pimpinan Bank BRI Wilayah Palembang Revi Rizal di Palembang, Jumat.

Walau demikian, bukan berarti pemberitaan Antara itu menjadi corong dari pemerintah karena negara juga memberikan ruang bagi Antara untuk menyampaikan kritik yang bersifat membangun.

“Jika memang benar faktanya seperti itu, ya tidak masalah disampaikan ke masyarakat demi adanya perbaikan, tapi tetap harus berimbang demi kepentingan bangsa dan negara,” kata Indra.

Baca juga: BRI jalankan program ‘Bersih-Bersih Kali’, peduli kelestarian Sungai Bendung Palembang

Menurut Indra, peran untuk menjaga amanat negara ini sejatinya juga diemban oleh BRI dan BUMN lain di Tanah Air. BRI sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perbankan telah ditugaskan negara untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat.

Sejak lama dikenal sebagai  bank pemerintah yang memiliki kuota tertinggi dalam penyaluran KUR.

“Tentunya informasi terkait program-program pemerintah seperti adanya KUR dan kredit mikro lainnya itu perlu disampaikan secara berkesinambungan ke masyarakat demi memacu pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Pimpinan BRI Wilayah Palembang Revi Rizal mengatakan BRI sangat menyambut baik sinergi antar-BUMN ini, apalagi informasi yang disiarkan LKBN itu bisa menjangkau ke daerah pelosok.

Sepertihalnya Antara, BRI juga memiliki jaringan hingga ke desa-desa sehingga jika sinergi ini dibangun maka dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan negara.

“Kami berharap, melalui Antara, masyarakat dapat mengetahui bahwa BRI berupaya maksimal dalam melayani masyarakat. Salah satu wujud nyatanya, hingga November ini kami tinggal menyisakan sekitar Rp400 miliar lagi untuk disalurkan,” kata dia.

Baca juga: BRI Palembang lampaui target penyaluran kredit PEN

Baca juga: Bank Rakyat Indonesia Cabang Baturaja luncurkan web pasar BRI