Beranda Nasional Nurzahri : Perawatan Pesawat Irwandi Tidak Mengikuti Standar Kelayakan

Nurzahri : Perawatan Pesawat Irwandi Tidak Mengikuti Standar Kelayakan

102
0
BERBAGI
Kondisi pesawat Irwandi rusak parah. (Foto: istimewa)

ACEHTREND.CO, Banda Aceh – Terkait pendaratan darurat pesawat Shark Aero milik Gubernur Aceh Irwandi dinilai oleh Nurzahri, sarjana teknik penerbangan jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) karena perawatan pesawat tersebut tidak mengikuti standar kelayakan terbang sesuai dengan aturan keselamatan penerbangan.

Baca : Pesawat Irwandi Yusuf Dikabarkan Mendarat Darurat di Peukan Bada

“Sebagai ahli penerbangan dapat saya sampaikan bahwa dalam dunia penerbangan, safety (keamanan) adalah hal yang utama dan sangat penting, kejadian matinya engine (mesin) pesawat sampai dua kali mengindikasikan bahwa maintenance (perawatan) pesawat tersebut menurut dugaan saya dilakukan dengan tidak mengikuti standar kelayakan terbang,” katanya pada aceHTrend.co, Sabtu (17/2/2018).

Nurzahri (Foto: Dok.aceHTrend)

Nurzahri yang juga Ketua Komisi II DPRA mengungkapkan, menurut informasi yang diperolehnya, perawatan pesawat Shark Aero dilakukan oleh Irwandi sendiri tanpa didampingi oleh seorang montir mobil yang diberi pelatihan perawatan pesawat oleh pabrikan pembuat pesawat tersebut.

Padahal, katanya, menurut aturan keselamatan penerbangan, perawatan pesawat hanya boleh dilakukan oleh seorang ahli perawatan pesawat yang paham tentang seluk beluk pesawat, memiliki sertifikat keahlian perawatan pesawat dan sertifikat keterampulan lainnya yang dikeluarkan oleh otoritas kelaikan udara Republik Indonesia.

Baca : Pesawat Irwandi Mendarat Darurat, Jubir: Alhamdulillah Beliau Selamat

“Oleh karena itu saya menghimbau kepada Pak Irwandi, kedepannya agar melakukan perawatan berkala pesawat Shark Aero pada perusahaan maintenance pesawat yang Bonafide dan memiliki sertifikasi dalam perawatan,” sarannya.[]

Komentar