Beranda Nasional Pasar Senen Membara

Pasar Senen Membara

303
0
BERBAGI

Puluhan Kios Blok I dan II Hangus 

Si jago merah melahap Pasar Senen, Jakarta Pusat (Jakpus). Kali ini, hampir seluruh kios yang berada di Blok I dan II pasar tersebut hangus terbakar. Barang jualan yang kebanyakan berupa pakaian, menjadi santapan buas api, kemarin (19/1). Butuh 12 jam sampai akhirnya api bisa dipadamkan.

Kejadian pertama kali terjadi sekitar pukul 04.50. Saat itu, matahari  rasanya masih belum menampakan dirinya. Tetapi, percikan api sudah mulai terlihat dari salah satu kios yang berada di lantai dasar. Keadaan semakin parah ketika tidak ada penanganan lebih lanjut dari kejadian awal tersebut.

Dijelaskan Kepala Bidang Penyelamat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Madani, pihaknya langsung bergerak setelah menerima laporan dengan menerjunkan armada mobil kebakaran dari seluruh wilayah di Jakarta. Tahap awal, dikerahkan 15 unit mobil pemadam kebakaran.

“Itu kami turunkan pada pukul 05.05 pagi,” terangnya. Namun kebakaran semakin parah. Kobaran api semakin meluas dan membabi buta ke seluruh bagian pasar. Sehingga, pihaknya harus menerjunkan lagi armada tambahan. 

Sebanyak 40 unit mobil pemadam kebakaran ditambah dengan total petugas pemadam api yang berjumlah sebanyak 225 petugas. 

Akibat hampir seluruhan pasar terbakar, membuat beberapa pedagang kalang kabut. Mereka sudah tidak tahu lagi harus ke mana. Sebab, sampai berita ini dibuat pun, tidak ada kepastian yang jelas dari pengelola pasar terkait relokasi ataupun santunan.

Madani mengaku, pihaknya belum menemui pihak pengelola Pasar Senen, yakni PT Pembangunan Jaya untuk membicarakan perihal lokasi sementara pedagang Pasar Senen Blok I dan II yang terbakar. “Kami masih fokus pada upaya pemadaman api,” ujarnya.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) DKI Jakarta Subejo mengatakan, berdasarkan info yang diterima, api berawal dari lantai dasar dan merembet ke lantai dua melalui kabel atau pipa. “Infonya, lantai dasar sebagai sumber api tapi belum diketahui penyebab pasti,” ucap Subejo di lokasi kebakaran.

Subejo mengatakan, selain lorong pasar yang sempit, banyaknya dagangan dan bahan mudah terbakar di lantai dua, membuat api dengan cepat meluas. Kondisi itu praktis membuat petugas kewalahan menjinakan api yang mulai membesar sejak pukul 04.50 itu.

Beberapa pedagang mengutarakan kesedihannya. Seperti diungkapkan Khodijah. Pedagang pakaian asal Padang itu mengaku belum punya tujuan untuk membawa sisa barang jualannya yang masih sempat diselamatkan dalam insiden tersebut.

“Untuk sementara, paling di parkiran dulu saja,” ungkapnya sambil menutupi mulut dan hidungnya karena kepulan asap hitam. Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede menyebutkan, api membakar puluhan kios di Blok I dan II.  

Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan, setelah api secara total sudah dinyatakan padam, barulah pihaknya memulai investigasi melibatkan tim labfor. (*)

LOGIN untuk mengomentari.