Beranda Nasional Pelaksanaan HUT Koperasi ke-72 Tahun 2019, Tingkat SDM Pengurus dan Kelola secara...

Pelaksanaan HUT Koperasi ke-72 Tahun 2019, Tingkat SDM Pengurus dan Kelola secara Profesional

51
0
BERBAGI

Kota Pariaman – Peringatan Hari Koperasi ke-72 tahun 2019 untuk Kota Pariaman, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah mengadakan lomba pembuatan laporan keuangan koperasi di Pantai Gandoriah. Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang seorang demi kepentingan bersama, dan koperasi ini melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan pada asas kekeluargaan.

“Seiring dengan berkembangnya jumlah koperasi, maka dituntut pengurus untuk bisa memiliki pengetahuan lebih tentang koperasi, apalagi pengetahuan mengenai laporan keuangan koperasi, karena dari laporan keuangan tersebut dapat di deteksi adanya penyimpangan dalam hal keuangan,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop UMKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit mengatakan dalam lomba pembuatan laporan keuangan koperasi yang baru pertama kali digelar ini di ikuti oleh 12 orang peserta perwakilan dari 12 koperasi aktif. “Kita melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan agar pengurus dan pengelola koperasi mampu menyusun laporan keuangan secara baik, tertib dan dipercaya, karena koperasi yang sehat itu harus di dukung dengan pengelolaan keuangan yang sehat pula,” ujarnya.

Beliau juga menjelaskan, di Kota Pariaman ini masih ada sekitar 20 koperasi lagi yang belum bisa membuat laporan keuangan yang baik dan benar dari 70 koperasi yang aktif, untuk itu mereka pengurus difasilitasi 20 koperasi tersebut di dinas untuk belajar membuat laporan keuangan yang baik.

Gusniyetti Zaunit berharap, semoga semua Koperasi yang ada di Kota Pariaman bisa lebih aktif lagi dan untuk pengurus serta pengelola koperasi, dituntut untuk bisa lebih profesional dalam pengelolaan usaha dan keuangan koperasi sesuai dengan ketentuan yang ada, seperti standar yang diberlakukan pada sistem akutansi koperasi. “Dan pengurus sebagai pemegang mandat dan kepercayaan dari anggota, diharapkan dapat menyelesaikan laporan keuangan koperasi yang dituangkan dalam laporan pertanggung jawaban pengurus dan disampaikan saat Rapat Anggota Tahunan berlangsung,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang peserta lomba Desri Novita utusan dari KUD Cubadak Aie ketika ditanya mengatakan beliau sangat senang sekali mengikuti lomba ini dan juga mensuport kegiatan yang diadakan oleh Disperindagkop dan UMKN Kota Pariaman ini, karena lomba ini bisa memotivasi semua pengurus koperasi yang ada di Kota Pariaman ini untuk bisa berpacu dalam pembuatan laporan keuangan yang baik dan benar, jadi seandainya ditahun depan lomba ini kembali diadakan maka mereka tidak akan canggung lagi untuk mengikutinya.

Beliau berharap semoga lomba ini terus diadakan setiap tahunnya, dengan sedikit saran beliau juga mengatakan kalau bisa khusus untuk lomba pembuatan laporan keuangan ini tempatnya di pisahkan dari tempat acara lainnya yang tidak mengganggu konsentrasi peserta dalam mengerjakan soal yang membutuhkan ketenangan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan dan penambahan jam dalam waktu perlombaan.

Dalam lomba pembuatan laporan keuangan ini tampil sebagai juara I diraih oleh Reni dari KPRI SMA N 2 Pariaman, juara II diraih oleh Nuraini Barus KPRI SMK N 2 Pariaman, juara III diraih oleh Sukarnelis dari SMP N 3 Pariaman, juara IV diraih oleh Isdawati dari KPN Bina Sejahterar, dan juara V diraih oleh Desrinovita dari KUD Cubadak Aie.

Sementara itu, sebanyak 200 orang ikuti lomba Rangking I dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Koperasi yang ke 72 Tingkat Kota Pariaman Tahun 2019. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Pariaman di Pantai Gandoriah.

Lomba Rangking I merupakan upaya Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman untuk dapat memberikan pemahaman dan wawasan tentang perkoperasian serta menanamkan jiwa koperasi kepada pengurus, pengawas dan anggota koperasi,” ujar Gusniyetti.

Untuk teknis lombanya, lanjut Gusniyeti, peserta akan ditanyai oleh panitia dengan beberapa soal objektif a,b, c yang berkaitan dengan tugas pokok pengurus, pengawas dan anggota koperasi dan undang-undang yang berkaitan dengan koperasi. “Kami sangat senang, karena kegiatan ini disambut antusias dari peserta, dari 82 jumlah koperasi di Kota Pariaman sebanyak 60 koperasi yang mengutus perwakilannya, total seluruh peserta adalah 200 orang,” ungkapnya.

Ia berharap dengan diadakannya lomba ini, baik pengurus, pengawas maupun anggota koperasi lebih memahami tugasnya agar koperasi di Kota Pariaman lebih berkembang dan mandiri.

Zuraida salah satu peserta lomba mengatakan ia sangat termotivasi untuk ikut lomba ini karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang koperasi.

“Soal yang diberikan panitia lumayan sulit dan ternyata banyak hal yang belum kita ketahui tentang ilmu koperasi, lomba ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita tentang koperasi dan diharapkan juga dapat meningkatkan kinerja kita sebagai anggota koperasi,” tambahnya. (efa)