Beranda Kesehatan Rektor Unsyiah serahkan Rumah Sakit Kontainer

Rektor Unsyiah serahkan Rumah Sakit Kontainer

128
0
BERBAGI

Banda Aceh (ANTARA News) – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh Prof Samsul Rizal menyerahkan Rumah Sakit (RS) Kontainer kepada Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya (Pijay).

“Pembangunan RS Kontainer merupakan salah satu upaya Unsyiah untuk membantu masyarakat Pidie Jaya yang dilanda musibah gempa bumi 7 Desember 2016,” kata Samsul di sela-sela menyerahkan Rumah Sakit kontainer kepada Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas di Pidie Jaya, Senin.

Ia menjelaskan pembangunan Rumah Sakit Kontainer adalah salah satu dari enam program prioritas jangka panjang dari Unsyiah untuk Pidie Jaya, yaitu pendampingan proses pembangunan fisik bangunan dan infrastruktur dan pembangunan RS Kontainer.

Selanjutnya memetakan patahan aktif di Aceh, membantu pemulihan bidang pendidikan melalui KKN Tematik, menginisiasi Rumoh Pembelajaran Gempa, dan penyusunan naskah akademik Qanun Pendidikan Kebencanaan di Aceh.

“Keenam program prioritas ini masih terus berlangsung dan Unsyiah meminta dukungan dari pemerintah Aceh untuk menjadikan Aceh yang aman dari bencana,” katanya.

Ia mengatakan pascagempa Pijay, Unsyiah merespon secara cepat dan baik di masa tanggap darurat hingga pemulihan jangka panjang.

Menurut Samsul, penggalangan dana yang mencapai Rp546 juta dari berbagai pihak dialokasikan sepenuhnya untuk pembangunan RS Kontainer dan pasca-serah terima maka secara resmi kepemilikan dan penggunaan RS Kontainer menjadi tanggung Pemkab Pijay sepenuhnya.

“Unsyiah dengan sumber daya yang ada akan terus berkontribusi dalam membantu pemulihan jangka panjang di Pidie Jaya, khususnya melalui implementasi keenam program prioritas yang telah dirumuskan,” katanya.

(T.M049/N005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017