in

Ribuan Pelajar SMP Bersama Dinas Pendidikan Melaksanakan Gerakan peduli sampah

SegeiSebelum melakukan acara pengutipan sampah ribuan pelajas SMP ini melakukan Fhoto bersama dengan Bupati Sergai Ir H Soekirman, Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar, Kasipidum Efrizal,  SH,  Kadis Lingkungan Hidup Radianto Panjis,  Kadis Perhubungan Herlan Panggabean,  Staff Ahli Bupati Azis Siregar Dan Surian, SH, turut berpartisipasi mengutip sampah disekitar kota Perbaungan dan aliran sungai Baung, tanah lapang bola Perbaungan, Rabu (14/2).  ( beritasore/Imam Susanto )

Perbaungan ( Berita ) Kadis Pendidikan Sergai Drs Jonni Walker Manik, MM mengerahkan seribuan pelajar yang tergabung dalam GERAPPAH (Gerakan Pelajar Perduli Sampah) melakukan pengutipan sampah disekitar kota Perbaungan, Rabu (14/2).

Selain ribuan pelajar yang ikut berbaris di lapangan bola perbaungan, Bupati Sergai Ir H Soekirman, Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar, Kasipidum Efrizal,  SH,  Kadis Lingkungan Hidup Radianto Panjis,  Kadis Perhubungan Herlan Panggabean,  Staff Ahli Bupati Azis Siregar Dan Surian, SH,  turut berpartisipasi mengutip sampah disekitar kota Perbaungan dan aliran sungai Baung.

Kadis Pendidikan Sergai Drs Jonni Walker Manik, MM mengatakan, kegiatan GERAPPAH sudah 2 kali dilakukan dengan mengerahkan ribuan pelajar disekitar Sei Rampah dan Perbaungan dalam rangka rasa keperdulian para pelajar terhadap lingkungan.

Ribuan anak sekolah tingkat SMP ini mengikuti kegiatan Gerappah yang ke dua kalinya, untuk daerah perbaungan  kita bagi menjadi tiga titik, diantaranya pasar Perbaungan, Kota Perbaungan dan sekitar sungai Baung, kita harap kan agar pelajar nantinya peduli akan sampah, semoga bapak bupati dapat memberikan arahan agar gerappah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya kabupaten serdang bedagai.

Lanjutnya, jonni menambahkan Kita disni membagi wilayah untuk wilayah satu kerjanya di desa firdaus hingga ke polres sergai,  dan wilayah dua kita kerahkan ke lapangan firdaus, kegiatan ini kita jadikan sebagai tantangan, sebab ada sebahagian masyarakat adaa yang tidak menerima kegiatan ini dengan alasan anak di sekolahkan namun kenapa disuruh mengutip sampah.

Sementara disini kita mendidik anak anak didik agar paham dan peduli terhadap sampah sehingga generasi ini kedepannya akan tetap peduli akan sampah dan manfaat sampah yang dapat di daur ulang sehingga dapat menghasilkan uang bagi yang mau belajar merakit menjadi kerajinan tangan. Kegiatan ini membuktikan keperdulian Dinas Pendidikan bersama Dinas Lingkungan Hidup menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat.

Sementara itu Bupati Sergai Ir H Soekirman dilokasi mengatakan, kesadaran masyarakat dalam membuang sampah belum maksimal. Hal itu dapat kita lihat masih banyaknya sampah-sampah berserakan baik disekitar kota, pasar, bahkan perkantoran.

Soekirman menambahkan dengan dilaksanakannya GERAPPAH ini diharapkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dapat terwujud, dengan bantuan kerjasama dari para pihak.

Hari ini kita akan praktek bahwa sampah akan di kumpulkan dan nantinya akan di serahkan ke desa kota galuh untuk daur ulang, sampah ada yang dapat di daur ulang menjadi kerajinan tangan, seperti plastik aqua, Gelas kaca dan kaleng minuman, kita jalankan kegiatan ini karena adanya program kementrian lingkungan hidup untuk bebas sampah dalam waktu tiga bulan, Mari kita galakkan sadar lingkungan dan bersih lingkungan insyaallah sergai akan bebas dari sampah. ( Ims )

What do you think?

Written by Julliana Elora

Satpol PP dan Panwaslih Paluta Turunkan APK

Larang Main Catur, Abdullah Digorok Pemilik Warung