Beranda Nasional Satgas Akan Awasi Rekrutmen Pemain U-20

Satgas Akan Awasi Rekrutmen Pemain U-20

21
0
BERBAGI

JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Antimafia bola mengawasi rekrutmen pemain tim nasional (Timnas) Indonesia untuk Piala Dunia 2021.

“Kami memberi tugas tambahan kepada Satgas Antimafia Bola untuk mengawasi dan memonitor perekrutan daripada atlet-atlet sepak bola untuk (Timnas) Usia 20 dalam rangka persiapan Piala Dunia Tahun 2021,” kata Wakapolri Komisaris Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramonodi Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/2).

Gatot menjelaskan tujuan pengawasan rekrutmen pemain agar tim sepak bola Indonesia melahirkan atlet-atlet profesional dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

“Jadi, kami ingin Timnas Indonesia sepak bola melahirkan pemain berbakat bukan pemain abal-abal. Kalau Timnas melahirkan pemain profesional yang bangga kan seluruh masyarakat Indonesia juga kan,” ujarnya.

Selain itu, Gatot berharap agar Satgas bisa mampu membantu membentuk dalam melahirkan atlet-atlet sepak bola dan mereka bisa tampil di kancah internasional.

“Saya berharap Indonesia mampu melahirkan atlet-atlet sepak bola yang bisa bersaing hingga ke kancah internasional baik di tingkat ASEAN hingga Asia dan Dunia. Kami ingin Satgas mampu membantu membentuk hal tersebut,” tutur Gatot.

Sementara itu, Ketua Satgas Antimafia Bola Jilid 3, Brigadir Jenderal Hendro Pandowo, mengaku pihaknya melakukan pengawasan rekrutmen pemain Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20 2021 mendatang juga guna mengantisipasi adanya pemain titipan.

“Yang jelas, monitoring pengawasan biar bentuk pemain- pemain yang andal kompetensinya, bukan karena titipan,” ujar Hendro.

Kendati demikian, Hendro menuturkan pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga serta federasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), membahas pengawasan. Hal ini agar tidak terjadi adanya praktik suap untuk memasukan pemain titipan.

Aktif Kembali

Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola jilid III telah aktif bekerja dan berlaku mulai 1 Februari hingga 31 Agustus 2020 mendatang.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Argo Yuwono, satgas ini nantinya akan melakukan pengawasan pada proses rekrutmen pemain Tim Nasional untuk menyambut Piala Dunia U-20.

“Satgas ini memonitoring kegiatan dari rekrutmen pemain tim nasional dalam rangka Piala Dunia U-20 yang akan dilaksanakan di Indonesia. Ini juga kita sudah komunikasi satgas ini, dengan Ketua Umum PSSI, dan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga),” kata Argo, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (10/2). pin/P-5