Beranda Nasional Srikandi Sungai Indonesia Peduli Lingkungan

Srikandi Sungai Indonesia Peduli Lingkungan

210
0
BERBAGI

YOGYAKARTA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise, secara simbolis membuka Sekolah Srikandi Sungai Indonesia di Kampung Code Riverside, Yogyakarta, Sabtu (11/6). Pada kesempatan tersebut, Menteri PPPA juga meresmikan program Woman in River Edupark.

Anggota Srikandi Sungai Indonesia terdiri dari perempuan-perempuan yang peduli terhadap lingkungan sungai. Kegiatan yang dilakukan, di antaranya edukasi, kampanye, pelatihan, dan perdampingan. Mereka juga melakukan kegiatan pengolahan sampah dan membentuk kerajinan berbahan sampah daur ulang.

Sementara itu, program pendidikan dan pemberdayaan masyarakat Woman in River Edupark merupakan program yang diinisiasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UGM bersama Pusat Studi Wanita UGM. Salah satu konsep Woman in River Edupark adalah pembuatan taman edukasi tanaman obat. Hasil produksi tanaman obat itu nantinya akan difermentasikan sehingga jadi olahan yang bermanfaat.

Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang juga penggagas Sekolah Srikandi Sungai Indonesia, Suratman, mengatakan Srikandi Sungai Indonesia adalah satu bentuk tugas negara. Tugas tersebut yakni mengajak semua untuk peduli terhadap edukasi, air, dan sanitasi. “Dari sungai kita alirkan edukasi hingga mengalir ke seluruh dunia,” katanya. YK/E-3