in

Unair Gunakan Enzim untuk Maksimalkan Manfaat Ginseng

SURABAYA – Dosen Biologi Fakultas Sains dan Teknolo­gi Universitas Airlangga (FST Unair), Almando Geral­di, memanfaatkan mikroorganisme penghasil enzim beta-glukosidase yang ada di Indonesia untuk biotransformasi senyawa aktif ginseng.

Kandungan senyawa aktif ginseng, yang disebut minor ginsenoside, berjumlah sangat sedikit 0,001 persen dari to­tal berat ginseng. Salah satu upaya meningkatkan jumlah senyawa aktif tersebut adalah melakukan modifikasi meng­gunakan enzim.

“Senyawa aktif dalam ginseng, major ginsenoside me­miliki banyak gugus gula yang menyebabkan tidak mudah diserap oleh tubuh. Gugus gula itu harus dipotong dengan enzim yang dinamakan beta-glukosidase untuk meng­hasilkan minor ginsenoside,” ujarnya, di Surabaya, Jumat (6/12).

Almando menambahkan, dari riset yang telah dilaku­kan dan dipublikasikan di Biocatalysis and Agricultural Biotechnology (Scopus, Q2), diperoleh hasil enzim yang dapat mengonversi major ginsenoside berasal dari isolat yang diperoleh dari rumah pemotongan hewan dan tempat tumpahan minyak. Keduanya dapat memotong dua gugus gula pada major ginsenoside sehingga dihasilkan minor ginsenoside dari tipe F2 yang memiliki khasiat antikanker dan anti-inflamasi. SB/E-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Polres Ogan Komering Ulu evakuasi mayat di dasar jurang

Ketua DPD RI Minta Pemerintah Utamakan Pengusaha Swasta Bangun Infrastruktur