in

Video TikTok Polisi India Bantu Keluarga Temukan Ayah yang Hilang

Sebuah video TikTok yang awalnya bertujuan mengajak orang-orang membantu warga miskin saat pandemi Covid-19, secara mengejutkan justru membantu menyatukan kembali seorang pria dan keluarganya.

R Venkateshwarlu yang telah hilang selama dua tahun, terlihat dalam video yang direkam di bawah jembatan layang, 2.000 km dari rumahnya di Telangana.

Seorang warga memberi tahu keluarganya, dan kemudian menghubungi polisi di negara bagian Punjab utara untuk membantu menyatukan mereka kembali.

“Saya menangis ketika pertama kali melihatnya,” kata putranya kepada BBC.

R Venkateshwarlu yang memiliki kesulitan mendengar dan berbicara, menjalani seluruh hidupnya di sebuah desa di negara bagian selatan Telangana.

Dia memiliki seorang istri dan lima anak dan bekerja sebagai buruh.

Pada April 2018, dia naik truk untuk pergi ke desa lain untuk bekerja.

“Ayah saya tertidur dan sopir truk itu tidak tahu dia ada di sana. Beberapa kilometer kemudian, pengemudi itu menyadari bahwa ayah saya ada di dalam truk dan dia menurunkannya di tengah jalan dan meninggalkannya di sana,” kata R Peddiraju.

Sendirian di jalan yang tidak dikenal, Venkateshwarlu berharap bisa menumpang pulang, dan akhirnya menemukan truk lain yang bersedia memberinya tumpangan.

Tetapi berjam-jam kemudian, dia menyadari bahwa kendaraan itu bergerak ke arah yang berlawanan.

Pengemudi itu menurunkannya di Ludhiana, sebuah kota industri besar yang jauh di negara bagian Punjab utara.

Venkateshwarlu akhirnya hidup dari sumbangan makanan dari penduduk setempat. Masalah komunikasinya semakin terhambat karena dia tidak mengerti bahasa Punjabi.

Sementara itu, keluarganya berusaha mencari dengan bantuan polisi setempat di Telangana, tapi gagal.

Terlihat saat Pembagian Makanan
seperti dilansir BBC, sejak India menerapkan karantina wilayah untuk menekan penyebaran Covid-19, polisi Punjab Ajaib Singh berkeliling Ludhiana, menyumbangkan makanan dan barang-barang penting untuk pekerja migran dan orang miskin.

Akun TikTok miliknya, yang memiliki lebih dari 800.000 pengikut, menampilkan video aksi amal selama karantina wilayah.

Dalam salah satu video yang diunggah pada Maret, Singh terlihat membagikan makanan kepada orang-orang yang hidup di bawah jembatan di Ludhiana.

Di Telangana, seorang teman Peddiraju yang menonton video itu mengenali Venkateshwarlu yang terekam di video dan segera memberi tahu keluarganya.

Mereka menghubungi polisi Ludhiana yang kemudian melacak Venkateshwarlu dan menghubungkannya kepada putranya dengan telepon.

“Kami berdua menangis ketika pertama kali melihat satu sama lain. Dia meminta saya datang dan membawanya pulang, memberi isyarat dengan caranya sendiri,” kata putranya.

Polisi menyarankan dia pergi dan menjemput ayahnya begitu lockdown selesai.

“Tapi kami tidak bisa menunggu selama itu untuk bertemu dengannya. Jadi, kami berhasil mendapatkan izin yang memungkinkan saya melakukan perjalanan lintas negara bagian,” kata Peddiraju.

Dalam waktu seminggu, dia berada di Ludhiana bersama ayahnya. Mereka kembali ke desa mereka pada Selasa malam lalu.

“Ini adalah pertama kalinya ayah kami berada jauh dari kami selama ini. Dia hanya hidup dengan roti selama dua tahun terakhir dan dia tidak biasa makan seperti itu,” kata putranya.

“Hal pertama yang akan kami lakukan sekarang adalah memberinya nasi panas,” ungkapnya.(BBC)

The post Video TikTok Polisi India Bantu Keluarga Temukan Ayah yang Hilang appeared first on Padek.co.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Masyarakat di 102 Kabupaten/ Kota Zona Hijau Bisa Beraktivitas Produktif

Bukittinggi Masuki New Normal, Wagub Cek Masjid, Pasar dan Hotel