Beranda Nasional Yuk Cari Tahu Sejarah Siomay di Indonesia

Yuk Cari Tahu Sejarah Siomay di Indonesia

175
0
BERBAGI

Siapa yang tak kenal dengan siomay, jajanan kegemaran nan menggoda lidah ini selalu ada di hati para penikmatnya. Rasa kenyal berpadu gurih menjadi nilai lebih dari khasnya jajanan ini. Makanan berbahan dasar tepung ini umumnya dijajakan di sekolah, kampus, dan tempat-tempat lainnya. 

Namun, tahukah kalian ternyata siomay bukanlah makanan asli Indonesia loh? Jajanan yang mudah ditemui ini berasal dari negeri tirai bambu. Nama siomay mulai dikenal semenjak ada seorang ibu keturunan Tionghoa yang menang lomba memasak saat even Cap Go Meh di Bandung kala itu. Sejak itu nama siomay mulai dikenal di kalangan masyarakat Indonesia dan identik berasal dari Kota Bandung.

Diperkirakan siomay merupakan makanan asli bangsa Mongolia dalam. Kata siomay berasal dari bahasa Mandarin yaitu shaomai. Shaomai adalah salah satu jenis makanan yang ada di dalam dimsum. Dahulu siomay merupakan olahan daging babi yang dicincang  sampai halus dengan pembungkus berupa kulit tipis berbahan tepung terigu. 

Selain itu, makanan lezat  yang dulunya hanya sebuah makan rumahan ini juga dapat dibuat dari daging udang, sapi maupun kepiting. Proses memasak siomay cukup hanya dengan dikukus. Cara menikmati siomay khas dari Tiongkok yaitu dengan menggunakan cuka atau kecap asin.  

Berbeda halnya dengan siomay asli dari Tiongkok, siomay di Indonesia telah mengalami banyak modifikasi. Bahan dasar yang digunakan siomay di Indonesia kebanyakan menggunakan daging sapi, ayam,  ikan tenggiri, udang, dan kepiting.

Selain itu, cara menikmati makanan ini juga berbeda yaitu dengan cara menambah saus kacang, saus sambal, dan kecap dalam plastik. Jenis-jenis siomay di Indonesia juga kebanyakan tidak menggunakan kulit pangsit sebagai pelapis adonan tepung dan daging.  

Nah itu tadi penjelasan singkat mengenai sejarah siomay di Indonesia. Semoga rasa penasaranmu tentang asal-usul dan sejarah adanya siomay di Indonesia terpuaskan. Akhir kata mari kita jaga warisan budaya di Indonesia yang layak untuk dilestarikan termasuk dunia kuliner.

Tags: Siomay, Sejarah Masuknya Siomay, Siomay Bandung, Asal Usul Siomay

Loading…