in

10 Alasan Bentuk Bumi Bulat

Perdebatan soal bentuk bumi kembali menghangat. Tapi ada 10 cara bagi kamu untuk membuktikan bahwa Bumi itu tidak datar.

1. Perhatikan Bulan

Kita semua sepakat kan bahwa Bulan itu tidak sepotong. Fenomena berupa siklus Bulan, seperti Bulan Baru ke Bulan Sabit Lalu ke Purnama dan seterusnya, menjelaskan hal itu. Aristoteles, yang membuat banyak pengamatan tentang sifat bola Bumi, melihat bahwa selama gerhana Bulan (ketika orbit Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, menciptakan bayangan dalam prosesnya). Ada bayangan di Bulan yang permukaannya bulat. Bayangan ini adalah Bumi. Hal ini menjadi petunjuk besar bahwa Bumi berbentuk bulat.

Karena Bumi berputar, konsisten pada bayangan oval, akan menghasilkan gerhana Bulan, yang membuktikan Bumi itu bulat dan tidak datar.
 
2. Melihat Kapal dari horizon

Saat kamu menyusuri pantai dan memandang ke cakrawala, mungkin kamu akan melihat fenomena yang sangat menarik. Seperti kapal yang akan muncul, seperti datang dari bawah laut. Tetapi, seakan-akan kapal muncul dari gelombang. Ini menyatakan bahwa Bumi itu tidak datar.

Seperti kamu melihat semut yang berjalan di permukaan jeruk, semut akan memunculkan kepalanya terlebih dahulu, kemudian perlahan tubuh semut naik, karena kelengkungan dari buah jeruk.

3. Variasi konstelasi bintang

Pengamatan ini awalnya dilakukan oleh Aristoteles (384-322 SM), yang menyatakan Bumi bulat dilihat dari rasi bintang yang berbeda saat melihatnya bergerak menjauhi khatulistiwa.

Setelah kembali dari perjalanan ke Mesir, Aristoteles mencatat bahwa “Ada bintang terlihat di Mesir dan Siprus yang tidak terlihat di daerah utara.”

Fenomena ini hanya bisa dijelaskan jika manusia yang melihat bintang-bintang dari permukaan bulat. Aristoteles mengklaim lingkup bumi, “Bukan dalam ukuran yang besar, Karena kalau tidak efeknya hanya sedikit dan perubahan tidak akan cepat terlihat.” (De Caelo 298a2-10).

Semakin jauh kamu pergi dari khatulistiwa, semakin jauh konstelasi pergi menuju cakrawala, dan digantikan oleh bintang-bintang yang berbeda. Dan hal ini tidak akan terjadi jika bumi itu datar.

4. Bayangan dan tongkat

Jika kamu menancapkan tongkat ke tanah, maka akan menghasilkan bayangan. Bayangan itu nantinya akan bergerak seiring berjalannya waktu (sesuai dengan prinsip kuno bayangan jam). Jika bumi itu datar, tongkat akan menghasilkan bayangan yang sama di tempat yang berbeda. Tapi karena Bumi itu bulat, mereka tidak berdiri pada bayangan yang sama, dan membuktikan kalau bumi tidak datar.

5. Melihat lebih jauh dari ketinggian

Jika kamu berdiri di dataran tinggi yang datar, kamu akan melihat menuju cakrawala. Ada ketegangan pada matamu yang meneropong menggunakan lensa teropong ke tempat yang kamu lihat.

Biasanya kita cenderung menghubungkan hal ini dengan hambatan yang ada di bumi, seperti rumah atau pohon yang menghalangi penglihatan kita ke tanah dan mendaki untuk mendapatkan view yang kita inginkan, tapi itu bukan alasan yang tepat.

Bahkan jika kamu ke dataran yang paling tinggi tanpa rintangan antara kamu dan cakrawala, kamu hanya akan melihat jauh lebih luas ketimbang di dataran rendah. Fenomena ini disebabkan oleh kelengkungan bumi.

6. Saat naik pesawat

Jika kamu pernah naik pesawat untuk perjalananmu, khususnya perjalanan dengan tujuan yang sangat jauh. Kamu bisa melihat fakta menarik tentang bumi:

1. Pesawat dapat melakukan perjalanan dalam garis relatif lurus dalam waktu yang sangat lama dan tidak jatuh. Mereka juga dapat mengelilingi bumi tanpa berhenti.

2. Jika kamu melihat ke luar jendela pada penerbangan trans-Atlantik, kamu dapat sebagian besar melihat lengkungan bumi di cakrawala. Pandangan terbaik kelengkungan digunakan saat di Concorde, tetapi butuh waktu lama untuk pesawat pergi.

7. Lihat planet lain

Bumi berbeda dengan planet lain. Kita di Bumi memiliki kehidupan yang belum ditemukan di planet lain. Namun, ada beberapa karakteristik semua planet dan itu akan cukup logis untuk mengasumsikan bahwa semua planet berperilaku dengan cara tertentu.

Pada tahun 1610, Galileo Galilei mengamati bulan Jupiter berputar di sekitarnya. Dia menggambarkan mereka sebagai planet kecil yang mengorbit ke planet yang lebih besar. Pengamatan ini juga menunjukkan bahwa planet-planet (Jupiter, Neptunus, dan Venus juga diamati) semua bulat, dan semua orbit matahari.

8. Keberadaan zona waktu

Waktu di New York, yang berada pada pukul 12.00 yaitu saat matahari berada di tengah langit. Pada saat yang sama di Beijing sedang berada pada pukul 12.00 tengah malam. Matahari yang terbenam akan terbit lagi di awal hari yang baru.

Hal ini hanya bisa dijelaskan jika Bumi ini bulat dan berputar mengelilingi porosnya sendiri. Pada titik tertentu ketika matahari bersinar pada salah satu bagian dari bumi, sisi berlawanan gelap, dan sebaliknya. Ini yang memungkinkan perbedaan waktu dan zona waktu.

9. Pusat gravitasi

Gaya tarik (gravitasi) antara dua benda tergantung pada massa dan jarak antara mereka. Hanya, gravitasi akan menarik menuju pusat massa benda.

Bayangkan sebuah bola, bulatan memiliki bentuk yang konsisten, tidak peduli di mana kamu berdiri. Bayangkan semut yang berjalan pada bola kristal.

Jika sebuah pusat lingkaran berada di pusat, gravitasi akan menarik apapun di permukaan menuju pusat lingkup (lurus ke bawah) tidak peduli di mana letaknya.

Bayangkan bidang datar, pusat massa di bidang datar berada di pusatnya. Sehingga gaya gravitasi akan menarik apapun di permukaan menuju ke tengah. Itu berarti bahwa jika kamu berdiri di tepi pesawat misalnya, gravitasi akan menarikmu ke arah tengah, tidak lurus ke bawah seperti yang kamu alami.

Jadi, apel itu jatuh ke bawah, bukan ke samping.  

10.  Gambar dari luar angkasa

Dalam 60 tahun terakhir sudah terjadi berbagai eksplorasi ruang angkasa, peluncuran satelit, pesawat luar angkasa, dan orang-orang dikirimkan ke luar angkasa.

Beberapa dari mereka kembali, beberapa dari mereka masih melayang melalui sistem surya dan mengirimkan gambar menakjubkan ke penerima di Bumi. Gambar-gambar itu menunjukkan lengkungan bumi.             

CNN

Redaksi: Please enable Javascript to see the email address
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: Please enable Javascript to see the email address
Telp. (0651) 741 4556
Fax. (0651) 755 7304
SMS. 0819 739 00 730

What do you think?

Written by virgo

Tak Terdeteksi, Asteroid Ini Nyaris Tabrak Bumi

Pedagang Mabuk Tuak di Depan Rumah Ketua DPRD